Bagaimana cara menentukan target pasar yang tepat?

Lima Cara Mudah Untuk Menentukan Target Pasar Bisnis Kecil Menengah Anda

By: Tata Abiyakta

Menentukan target pasar merupakan langkah yang perlu anda lakukan agar produk yang anda jual tepat sasaran sehingga tujuan anda dalam berbisnis untuk memperoleh profit yang anda inginkan akan tercapai.

Banyak para pelaku bisnis usaha kecil menengah yang mengabaikan hal ini sehingga meskipun sebenarnya produk yang dijual berpotensi untuk mencapai kesuksesan dalam pasar, pada akhirnya mengalami kegagalan dikarenakan salah menentukan target pasar.

Untuk menentukan target pasar, anda tidak perlu menempuh Sarjana Ilmu Marketing karena melalui artikel ini anda akan diajak cara menentukan target pasar secara sederhana untuk bisnis kecil menengah anda. Lalu bagaimanakah caranya? Antara lain adalah sebagai berikut :

1. Menentukan siapakah target konsumen anda

Setelah anda menentukan dengan pasti produk apa yang anda jual, langkah selanjutnya adalah dengan cara menentukan siapa target konsumen anda. Ada beberapa aspek yang dapat anda jadikan patokan antara lain adalah sebagai berikut:

  • Geografi: aspek geografi akan menunjukkan dimana lokasi anda akan berjualan produk anda
  • Demografi: aspek yang mencakup aspek demografi antara lain jenis kelamin, umur, penghasilan, dan lain-lain.
  • Harga: cara ini dinilai paling ampuh karena setiap orang memiliki kemampuan ekonomi yang berbeda-beda. Dengan begini anda dapat menentukan target pasar anda berdasarkan harga yang telah anda tetapkan.

2. Mengetahui Kebutuhan Target Pasar

Langkah selanjutnya setelah anda telah selesai menentukan siapa yang menjadi target konsumen anda, langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah mencari informasi terkait kebutuhan konsumen yang anda tuju. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara melakukan tes produk.

Dengan ini maka anda akan mengetahui sebenarnya apa yang dibutuhkan pasar atas produk yang ingin anda pasarkan. Anda bisa mencoba mengikuti bazar untuk mengetes produk dan juga menjadi salah satu cara untuk mulai memperkenalkan produk anda.

Anda dapat memaksimalkan moment untuk mengetahui kebutuhan pasar tersebut untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya kebutuhan target pasar anda.

3. Mengevaluasi target pasar

Cara berikutnya adalah melakukan evaluasi ulang terkait kebutuhan serta ketertarikan target pasar yang anda tuju dengan produk yang anda pasarkan.

Ini amat penting dilakukan karena untuk penentuan langkah selanjutnya yang anda ambil dimasa depan, apakah anda dapat melanjutkan bisnis tersebut ataukah tidak.

Usaha Kecil Menengah yang ada di negara ini perlu melakukan hal ini karena untuk mengetahui ketertarikan konsumen atas produk anda.

Jangan sampai saat anda telah melakukan bisnis tersebut ternyata anda salah menentukan target pasar. Maka sebagai akibatnya, bisnis yang anda bangun akhirnya mati ditengah jalan. Ini tentu akan menyebabkan kerugian yang anda derita karena anda telah mengeluarkan banyak biaya untuk bisnis anda tanpa ada pemasukan.

4. Menentukan strategi pemasaran

Langkah selanjutnya setelah anda telah usai mengevaluasi target pasar, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menemukan strategi yang tepat untuk memasarkan produk anda.

Mengapa demikian? karena tiap target pasar memiliki pendekatan yang berbeda-beda untuk strategi pemasarannya. Misalnya target pasar anda adalah ibu ibu usia 30 tahunan, maka akan tepat jika memasarkannya di facebook.

Atau jika target pasar anda adalah remaja yang usianya dibawah 20 tahun, maka akan tepat jika anda memasarkannya di sosial media seperti instagram, line, twitter.

5. Melakukan evaluasi respon pasar

Langkah terakhir setelah anda berhasil menentukan strategi pasar dan mendapatkan hasilnya, maka selanjutnya adalah mengevaluasi respon pasar yang ada. Anda harus menilai apakah startegi pasar yang telah anda lakukan berjalan efektif ataukah tidak.

Apabila ternyata hasilnya efektif, maka harus mempertahankan strategi tersebut dan meningkatkannya serta melakukan berbagai inovasi. Apabila hasilnya tidak efektif, maka langkah yang harus anda ambil tentunya mengganti strategi pemasaran yang anda tetapkan.

Itulah lima langkah yang dapat anda terapkan untuk menentukan target pasar anda sehingga produk yang anda jual dapat mencapai kesuksesan dalam pasar dan akhirnya anda dapat mendapatkan profit yang anda inginkan.

Semoga artikel ini dapat memberikan anda penjelasan dengan mudah dan gampang untuk menentukan target pasar bagi usaha kecil menengah anda. Salam sukses!

Ingin mendapatkan inspirasi tentang peluang usaha yang menjanjikan saat ini klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.