Mengatasi rasa gengsi

Cara Mengatasi Rasa Gengsi atau Malu Saat Mulai Merintis Usaha Baru

By: Egy arisandi

Setiap orang ingin memiliki usaha yang sukses. Bisnis yang sukses tersebut akan menaikan gengsi dan juga membuat kita terbebas dari permasalahan finansial.

Banyak artikel-artikel membahas tentang profil pebisnis sukses dengan segala kemewahan dari keberhasilan usahanya seperti omset ratusan juta, kepemilikan aset, dan lain sebagainya. Mungkin hal itulah yang membuat banyak orang kemudian tertarik untuk membuat bisnisnya sendiri.

Sayangnya, tidak banyak yang menyadari bahwa segala sesuatu itu memang diawali dari yang kecil. Banyak orang yang kemudian malu untuk merintis karirnya dari bawah, karena merasa bisnisnya yang kecil tersebut bukanlah bisnis yang terpandang.

Sebagai contoh, Colonel Sanders, seorang penemu KFC yang bahkan mengawali kesuksesan karirnya dengan menjadi pemasak untuk turis yang datang ke bengkelnya.

Bayangkan apabila saat itu Mr. Sanders merasa gengsi untuk memasak makanan untuk turis dibengkelnya? tentu saat ini kita tidak bisa menemukan outlet-outlet KFC yang keberadaannya menjamur dimana-mana.

Tidak dipungkiri bahwa rasa gengsi itu memang ada. Banyak diantara orang yang kemudian ragu untuk merintis usahanya dari bawah karena masalah gengsi ini.

Sebenarnya gengsi ini bisa bermacam-macam sebabnya, misalnya karena merasa tingkat pendidikannya yang tidak mumpuni, atau mungkin apabila usahanya merupakan bisnis keliling merupakan hal yang tidak dapat dibanggakan. Ada juga yang merasa tidak sanggup untuk mulai menjadi pebisnis dari level bawah.

Apabila saat ini anda telah menyadari bahwa permasalahan yang anda rasakan saat akan memulai bisnis anda adalah karena anda merasa malu atau gengsi, ini merupakan langkah awal yang baik.

Setelah anda menyadari hambatan tersebut, maka anda harus segera mencari solusinya. Kabar baiknya adalah, anda menemukan artikel yang tepat. Berikut adalah cara untuk mengatasi rasa malu atau gengsi untuk anda yang akan memulai usaha anda dari bawah!

1. Mulai menciptakan visi dan misi anda secara jelas terkait apa yang ingin anda capai kedepannya

Membuka usaha dengan modal 10 juta yang menjanjikan

Misalnya, kita ingin mendirikan sebuah tempat makan bakso yang besar 2 tahun mendatang. Akan seperti apa usaha anda itu, anda sebaiknya merancang usaha tersebut sebaik mungkin.

Terkait bagaimana anda mengumpulkan uang untuk membangun tempat makan tersebut dengan gaji anda sendiri, mungkin akan terasa sangat membebani.

Apalagi apabila anda memiliki segudang kebutuhan keluarga lainnya. Dengan begini, memulai usaha dari bawah akan menjadi langkah yang efektif untuk mewujudkan cita-cita anda.

Sambil menunggu tabungan anda terkumpul, mengapa tak mencoba berjualan bakso keliling saja? penghasilan yang didapat bisa menambah tabungan anda untuk membangun tempat makan bakso yang anda inginkan.

Selain itu, berjualan bakso keliling bisa membuat anda mengerti selera pasar seperti apa sebelum nantinya anda membangun rumah makan bakso anda.

Juga, anda bisa mulai mengumpulkan pelanggan anda karena saat nanti rumah makan bakso anda sudah jadi dan anda berhenti berjualan bakso keliling, nantinya pelanggan anda akan datang ke rumah makan bakso milik anda.

2. Meyakinkan diri bahwa merintis usaha dari bawah merupakan hal yang baik untuk proses berkembang dan belajar

Tips mencapai kekayaan dengan manajemen diri

Anda harus meyakinkan diri anda dan menanamkan bahwa memulai usaha dari level bawah adalah suatu langkah proses belajar yang bagus.

Anda tentunya pernah mendengar pepatah bahwa pengalaman adalah guru terbaik, bukan? Pepatah tersebut nampaknya benar adanya.

Dengan anda memulai usaha anda dari bawah maka anda lambat laun akan menemukan cara efektif dan startegi bisnis yang baik dalam menjalankan bisnis anda.

3. Melakukan siasat agar bisnis anda tetap terlihat sebagai usaha yang eksklusif

Ciri peluang usaha dan bisnis yang potensial

Ada banyak cara agar usaha yang anda jalani terkesan ekslusif. Caranya yakni salahsatunya dengan membuat kemasan yang apik dan juga pengiklanan yang baik.

Anda juga tidak perlu memasarkan produk anda dengan sendirinya, anda dapat melakukan kerjasama dengan pedagang kecil yang ada disekitar anda.

Selain itu, anda juga dapat membuat usaha anda lebih modern dengan menyediakan pemesanan melalui jalur online. Dengan kemudahan teknologi yang anda, maka bisnis anda dapat terlihat eksklusif dan anda semakin nyaman mengembangkan bisnis anda.

Itulah beberapa tips singkat dan sederhana untuk anda agar bisa mengatasi rasa malu atau gengsi saat akan mulai berbisnis. Sejatinya, rasa yang demikian tersebut wajar dan normal adanya, tetapi harus segera dihadapi demi keberhasilan bisnis yang anda impikan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.