Persiapan menghadapi interview melamar kerja

Persiapan Penting Sebelum Menghadapi Interview Bagi Pelamar Pekerjaan

By: Egy arisandi

Kebanyakan dari orang yang melamar pekerjaan, harus lolos seleksi berkas dan tes tulis terlebih dahulu sebelum akhrinya menghadapi tes interview.

Tetapi kenyataannya, banyak sekali yang akhirnya mengalami kegagalan pada tahap ini. Hal ini sangat disayangkan, apalagi apabila telah berhasil melewati tahap interview ini maka artinya anda kemungkinan besar akan diterima di tempat kerja impian anda. Lalu bagaimanakah cara melewati tahap interview dengan baik?

Seperti ketika anda mempersiapkan resume dan juga persiapan tes tulis anda, anda harus mempersiapkannya dengan baik serta matang-matang.

Mulai dari persiapan yang sifatnya fisik, mental, serta teknis. Berikut ini akan dituliskan bagaimana cara bagi anda untuk menghadapi tes interview!

1. Pilih baju yang terbaik dan sesuai

Membuat lamaran kerja yang belum memiliki pengalaman

ungkapan “dont judge book by its cover” memanglah benar, tetapi orang kenyataannya memang menilai dari apa yang terlihat di awal terlebih dahulu sebelum akhirnya mengetahui lebih dalam.

Pakaian yang anda kenakan akan sangat menentukan citra anda terhadap interviewer. Pilihlah pakaian yang menunjukkan bahwa anda serius dalam menghadapi tes ini dan juga menunjukkan kualitas anda. Dalam hal ini anda tidak harus melulu menggunakan jas untuk datang ke interview.

Anda harus mengetahui terlebih dahulu apakah pekerjaan anda ini merupakan pekerjaan yang menuntut profesionalitas seperti pekerja kantoran, bekerja di bidang hukum, atau lebih kepada pekerjaan casual misalnya team kreatif dan lain sebagainya.

Apabila pekerjaan anda adalah pekerjaan profesional, sebaiknya mengggunakan pakaian formal atau office look. Apabila pekerjaan anda casual, anda bisa menggunakan pakaian semi formal dan juga harus tetap sopan. Hindari pakaian yang terlalu santai seperti memakai kaos oblong, sendal, atau jeans.

2. Berlatih di depan kaca untuk melatih ekspresi

Berpakaian yang sesuai saja tidak cukup, anda harus juga memikirkan tentang impresi anda kepada atasan atau orang yang menginterview anda nantinya.

Anda bisa berlatih didepan kaca tentang bagaimana ekspresi anda saat mengucap salam nanti, serta ekspresi anda ketika menjawab pertanyaan demi pertanyaan yang tersedia.

Hindari kesan gugup dan kaku ketika anda melakukan interview karena itu menunjukkan ketidaksiapan dan ketidakluwesan anda.

Simak juga info tentang cara mendapatkan beasiswa untuk kuliah keluar negeri gratis serta artikel terkait mengenai cara agar lolos mendapat pekerjaan melalui job fair

3. Membaca ulang resume yang telah anda tulis

Hal ini sering terjadi. Ketika anda lupa dengan apa saja yang telah anda tulis di resume padahal hal tersebut ditanyakan saat interview.

Sebaiknya hal ini jangan sampai terjadi pada anda. Baca ulang dan pelajari apa saja pengalaman kerja anda, pencapaian pencapaian anda, pengalaman oranisasi, dan lain sebagainya.

Siapkan pula kemungkinan kemungkinan jawaban ketika sang penanya menayakan apa yang telah anda tulis di resume dengan lebih mendetail.

4. Berlatih menjawab pertanyaan

Pertanyaan wawancara kerja dan interview fresh graduate

Ada banyak pertanyaan umum yang biasanya ditanyakan saat sesi wawancara pekerjaan ini. Misalnya, “Apa yang menjadi alasan anda ingin bekerja pada perusahaan kami?” atau, “Mengapa anda memutuskan melakukan resign dari pekerjaan anda sebelumnya?” anda bisa mulai mempersiapkan jawaban-jawaban tersebut dengan sering sering berlatih dan juga membaca referensi di internet.

5. Mencari tahu tempat perusahaan tempat anda melamar

Anda sebaiknya mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan anda ini. Seperti dibidang apakah perusahaan ini bergerak, jenis perusahaan apakah perusahaan tempat anda melamar pekerjaan ini, apa saja yang ditawarkan, bagaimana reputasi perusahaan dab lain sebagainya.

Jangan sampai anda tidak mengerti seluk beluk perusahaan tempat anda melamar pekerjaan karena itu akan menjadi nilai minus apabila anda tidak bisa menjawab pertanyaan ketika sedang ditanyai saat interview.

6. Mempelajari tentang pekerjaan yang anda lamar

Setelah hal hal diatas telah anda kuasai, hal ini juga tentu tidak kalah pentingnya. Anda harus mengerti tentang tugas apa yang akan anda kerjakan.

Misalnya anda melamar pekerjaan sebagai sekertaris perusahaan. Maka anda harus tahu apa basic pekerjaan sekertaris? apa saja tugas dan kewajibannya? Bagaimana cara membuat surat untuk perizinan, kontrak perusahaan, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa persiapan yang harus anda persiapkan matang-matang sebelum anda melakukan interview pada pekerjaan yang anda lamar. Apakah anda sudah menguasai keenamnya? Lalu bagaimana terkait teknis saat menghadapi interview? Hal tersebut akan dibahas pada artikel selanjutnya. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.