pekerjaan yang cocok untuk lulusan smk akuntansi

Prospek Peluang Kerja Jurusan Akuntansi Serta Tugas dan Gaji Yang Ditawarkan

By: Egy arisandi

Masuk perguruan tinggi tidak kalah hebohnya dengan bekerja apa selepas lulus nanti, maka tentu saja hal ini menjadi pertimbangan untuk memilih jurusan kuliah.

Dari berbagai macam jurusan kuliah, salah satu jurusan yang populer adalah jurusan Akuntansi. Hampir disemua perguruan tinggi memfasilitasi jurusan tersebut dengan membuka kelas Akuntansi setiap tahunnya. Akuntansi pun disediakan baik diploma maupun Sarjana.

Akuntansi masuk dalam rumpun Soshum (Sosia Humaniora) dan biasanya berada pada fakultas ekonomi. Hampir semua perguruan tinggi terdapat jurusan tersebut mengingat animo mahasiswa yang sangat meminati jurusan tersebut.

Sebenarnya, apa sajakah peluang menjadi seorang lulusan jurusan Akuntansi? Apakah seorang yang lulus jurusan akuntansi hanya bisa menjadi seorang akuntan? Akuntan apa sajakah?

Apabila pertanyaan-pertanyaan tersebut yang ingin anda ketahui, maka anda ada pada artikel yang tepat. Berikut dipaparkan beberapa peluang kerja yang dapat anda raih apabila anda masuk jurusan akuntansi.

1. Seorang Akuntan Publik

Seorang yang menjadi akuntan publik dapat bekerja secara pribadi atau dengan perusahaan. Tugas dari seorang akuntan publik adalah menyiapkan serta melakukan analisis berbagai macam dokumen dan juga laporan keuangan.

Seseorang dengan profesi ini haruslah paham dengan regulasi pajak dengan bagus dan juga terus ikut akan perkembangan terbaru terkait peraturan perpajakan.

S1 Akuntansi dengan pengalam kerja yang masih sedikit akan digaji kurang lebih $54000 pertahunnya yang mana akan mengalami peningkatan setelah masa kerja dua tahun.

Untuk lulusan akuntansi yang mumpuni akan digaji kurang lebih sebesar $62000 setiap tahunnya atau lebih, hal ini tergantung dengan kebijakan dan beban kerja yang diberikan oleh perusahaan.

2. Petugas Akuntansi

Apabila anda berprofesi sebagai petugas akuntansi, maka tugas utama anda adalah melakukan pencatatan data dan juga melakukan pembaharuan dokumen keuangan.

Seorang petugas akuntansi tidaklah menganalisis data seperti seorang akuntan, tetapi pekerjaan utamanya adalah untuk menyediakan data yang diperlukan.

Pekerjaan menjadi seorang petugas akuntansi erat kaitannya dengan teknologi dan komputer. Untuk kualifikasi sendiri, petugas akuntansi umumnya tidak memerlukan kualifikasi khusus.

Gaji yang diterima oleh seorang petugas akuntansi biasanya berkisar $31,030 atau apabila merupakan petugas akuntansi lepas atau freelance, biasanya sebesar $16 per jamnya. Hal ini tergantung dengan beban kerja serta pengalamannya.

3. Manajer Akuntansi

Seorang lulusan akuntansi juga dapat menjadi manajer akuntansi. Seorang manajer akuntansi akan menggunakan data keuangan yang ada untuk membuat keputusan keuangan yang mana berpotensi mendatangkan keuntungan untuk perusahaan.

Manajer akuntansi akan melakukan perencanaan anggaran serta menjadi atasan dari para akuntan yang terdapat pada perusahaan tersebut.

Untuk menjadi seorang manajer akuntansi, dibutuhkan skill komunikasi yang baik, dapat memimpin (leadership) yang baik dan juga dapat menginterpretasikan data keuangan guna menyusun solusi atau rekomendasi strategis untuk kepentingan keuangan suatu perusahaan.

Manajer akuntansi berpenghasilan antara $64,000-86,000 atau bahkan lebih, setiap tahunnya. Bahkan, apabila seorang manajer akuntansi tersebut memiliki akreditasi CMA kemajuan karir tersebut dapat dinaikkan lagi, yang biasanya bisa naik hingga 24% besarnya.

4. Asisten Akuntansi

Selanjutnya, seorang lulusan jurusan akuntansi dapat menjadi seorang asisten akuntansi yang tugasnya tentu membantu akuntan.

Hal ini baik bagi anda yang ingin mengawali karir dibidang perakuntansian. Lalu apa sajakah tugas dari seorang asisten akuntansi?

Tugas-tugasnya antara lain adalah melakukan pembukuan, pencatatan laporan keuangan, buku besar, dan tugas lain sebagainya. Apabila anda digaji dalam hitungan jam, maka biasanya gaji yang anda dapatkan sebesar $12,00 hingga $17.00 setiap jamnya dan belum termasuk gaji lembur.

5. CPA/ Certified Public Accountants

Yang perlu anda ketahui adalah, profesi menjadi CPA mendapatkan gaji tertinggi di Amerika Serikat. Seorang yang berprofesi menjadi CPA memiliki tugas untuk melakukan audit hingga melakukan analisis keuangan dan juga melaporkan konsekuensi pajak.

6. Akuntan Biaya

Akuntan biaya tugasnya adalah melakukan analisis biaya dari sebuah perusahaan dan kemudian memberi kritik dan juga solusi sehingga biaya tersebut dapat ditekan atau dikurangi, sehingga keuntungan perusahaan menjadi maksimal. Untuk gaji yang diterima untuk seorang akuntan biaya adalah $49,300 hingga $58,000 setiap tahunnya.

7. Account Officer

Tugas dari seorang account officer adalah melakukan penilaian, melakukan evaluasi, serta memberi usulan nilai pinjaman atau piutang yang dapat diberikan oleh suatu instansi atau perusahaan terhadap publik ataupun pihak luar. Gaji seorang account officer adalah sebanyak $37,805 hingga $49,260 setiap tahunnya.

Baca juga info menarik tentang tips membentuk tim yang solid dalam sebuah bisnis serta ulasan terkait mengenai Tips agar cepat diterima melamar kerja diperusahaan besar

Itulah beberapa peluang pekerjaan yang dapat anda raih apabila anda masuk jurusan akuntansi. Jadi, apakah anda berminat masuk jurusan akuntansi? Semoga artikel ini bermanfaat!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.