Manfaat membangun relasi dalam bisnis

Manfaat dan Keuntungan Punya Banyak Relasi dalam Dunia Kerja

By: Egy arisandi

Anda pasti tahu bahwa menjadi pintar tidaklah cukup. Pernahkah anda mendengar peribahasa, “Orang pintar kalah dengan orang mujur”? Pepatah itu sering digambarkan untuk orang yang semasa sekolahnya adalah orang yang pintar, tetapi saat mencari pekerjaan ternyata dikalahkan orang yang dianggap “beruntung” mendapatkan pekerjaan tersebut.

Benarkah itu karena faktor keberuntungan seakan keberuntungan jatuh dari langit? Bagaimanakah caranya menjadi orang ‘beruntung’ tersebut?

Caranya sebenarnya sederhana dan merupakan jawaban dari pertanyaan orang-orang bahwa terkadang orang yang pandai kalah dengan orang yang biasa saja, itu dikarenakan orang yang meskipun tidak menonjol di sisi akademis memiliki relasi yang banyak.

Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan apabila kita memiliki relasi yang luas. Selain mempunyai banyak kenalan, membuat kita terkenal, bisa saling membantu saat membuthkan, ternyata memiliki relasi yang luas juga sangat membantu anda di dunia kerja. Apasaja manfaatnya? Antara lain adalah sebagai berikut:

1. Memiliki Relasi bisa Membuat Anda Menemukan Pekerjaan yang Sesuai Keinginan anda

Apabila anda memiliki relasi yang luas, anda memiliki kesempatan menemukan pekerjaan impian anda. Biasanya, karena relasi yang kita miliki, ketika ia memiliki lowongan pekerjaan mereka akan menghubungi anda. Misalnya, anda ingin bekerja di bidang manufaktur.

Hal tersebut akan susah anda temukan apabila anda tidak memiliki relatives atau relasi sedikitpun dibidang tersebut. Memiliki relasi yang banyak akan sedikit memudahkan anda menemukan lowongan pekerjaan yang anda cari.

Selain itu, biasanya karena lowongan tersebut berasal dari relasi, anda akan memiliki kesempatan diterima pada pekerjaan tersebut lebih besar.

Simak ulasan terkait mengenai tips persiapan menghadapi interview melamar kerja serta info menarik lainnya tentang prospek peluang kerja jurusan akuntansi

2. Relasi dapat Mempermudah Pekerjaan Anda

Misalnya anda seorang pengusaha dan membutuhkan supplier produk untuk memasok kebutuhan perusahaan anda, dengan relasi yang anda miliki maka anda akan lebih mudah untuk deals atau kontrak dengan supplier tersebut.

Atau, misalnya anda adalah seorang karyawan di kantor, memiliki relasi yang luas akan mempermudahkan tugas kantor anda yang mana apabila dikerjakan sendiri terlampau berat.

Tetapi yang perlu anda ingat, agar anda ditolong oleh teman atau relasi anda, maka anda juga harus menjadi relasi yang baik bagi orang lain dengan cara mau dan mampu menolong dengan ikhlas ketika yang lainnya sedang membutuhkan bantuan anda.

3. Relasi Mendukung Bisnis Anda

Selanjutnya adalah relasi yang anda miliki akan mendukung bisnis anda. Misalnya, anda adalah seorang pebisnis yang mulai merintis brand pakaian anda.

Dengan memiliki relasi yang luas, maka anda akan semakin mudah untuk melakukan promosi brand anda. Bayangkan apabila anda berjualan brand pakaian baru anda dengan minim relasi.

Selain menyusahkan, membayar orang-orang ‘baru’ akan menghabiskan banyak biaya operasional yang harusnya bisa lebih ditekan apabila seandainya anda memiliki banyak relasi. Selain itu, adanya relasi juga bisa membantu anda misalkan anda butuh support atau dukungan yang sifatnya material atau moral.

Misalnya anda membutuhkan tambahan modal untuk usaha anda atau anda ingin mencari investor yang mau menanamkan modal untuk usaha anda. Bayangkan apabila anda minim relasi, maka untuk mencari tambahan modal usaha ataupun investor akan jauh lebih sulit.

4. Relasi membuat Bisnis Anda Terpercaya

Suatu bisnis atau perusahaan yang memiliki banyak relasi dan stakeholder yang terkait akan mendukung bisnis anda sehingga bisnis anda dapat semakin trustworthy atau dipercaya.

Suatu perusahaan yang kekurangan relasi akan dianggap tidak bisa menjadi perusahaan yang dipercaya karena kurangnya engagement dengan pihak lainnya.

Maka dari itu anda harus memperlebar relasi anda dengan cara mudah bergaul dengan yang lain serta mau menolong sesama sehingga menambah jumlah relasi yang anda miliki.

Memiliki relasi tentunya memiliki segudang manfaat yang bisa kita rasakan.

Manfaat-manfaatnya telah dijabarkan satu persatu di artikel ini dan masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan ketika anda memiliki banyak relasi.

Memperbanyak relasi bisa dilakukan dengan cara selalu ramah dengan orang tanpa membeda-bedakan status, asal, dan siapa orang tersebut.

Kita tidak perlu memilih-milih dalam memperluas relasi karena setiap orang yang hadir dihidup kita memberikan manfaat tersendiri sesuai porsinya. Selain itu, relasi yang banyak bisa didapatkan apabila kita mau bergaul dan memperluas pertemanan kita. Sekian artikel ini semoga dapat memberikan manfaat!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.