SYARAT IKLAN

Syarat Syarat Iklan yang Baik Beserta Jenis Jenisnya Untuk Pemasaran

By: Tata Abiyakta

Anda pasti tidak lagi asing dengan istilah iklan. Kita menemukan iklan dimana-mana. Mulai dari tayangan iklan di televisi, di koran, sosial media, pamflet, dan masih banyak lagi. Iklan menurut KBBI adalah berita yang sifatnya membujuk masyarakat atau khalayak ramai untuk tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan.

Ketika anda memiliki bisnis, anda perlu belajar tentang bab periklanan demi melancarkan pemasaran produk anda. Periklanan merupakan serangkaian kegiatan untuk memasarkan produk atau jasa kepada khalayak melalui media tertentu dengan suatu pesan ataupun berita. Ketika mengiklankan produk anda, sebaiknya anda tidak serampangan dan tidak grasa-grusu sehingga uang atau biaya yang anda keluarkan dapat maksimal atau menjadi efektif.

Apabila anda ingin mulai mengiklankan produk barang atau jasa anda, anda perlu mempertimbangkan terlebih dahulu oleh iklan yang anda pasang. Iklan yang baik adalah iklan yang memenuhi syarat-syarat yang ada. Lalu apa syarat-syarat sebuah iklan? Antara lain adalah sebagai berikut:

Bahasa Iklan

Bahasa iklan adalah bahasa yang digunakan untuk menyampaikan pesan yang ada pada iklan tersebut. Bahasa iklan yang baik setidaknya harus mencakup beberapa poin antara lain:

  1. Memilih diksi atau pemilihan kata yang menarik. Selain itu,pemilihan katanya harus sopan dan juga logis.
  2. Ungkapan dalam iklan yang digunakan harus dapat memikat calon pelanggan. selain itu ungkapan yang digunakan harusla sugestif.
  3. Bahasa dan kalimat yang digunakan sebaiknya disusun secara singkat dan dapat menonjolkan bagian-bagian yang diutamakan atau dipentingkan.

Isi Iklan

Setelah membahas tentang bahasa iklan, hal yang tidak kalah pentingnya untuk dibahas adalah isi iklannya. Beberapa yang harus dipertimbangkan dalam iklan antara lain adalah:

  1. Isi iklan haruslah objektif dan jujur. Objektif artinya tidak mengunggul-unggulkan produk secara berlebihan sehingga iklan yang disampaikan menggambarkan keadaan produk atau jasa yang sebenarnya.
  2. Isi iklan tidak bertele-tele, singkat dan jelas.
  3. Isi iklan tidak menyindir golongan tertentu atau produsen serta produk lainnya
  4. Menarik perhatian banyak calon pembeli

Lalu apa saja jenis-jenis iklan? Jenis jenis iklan antara lain adalah sebagai berikut:

Informative Advertising

Informative Advertising atau iklan informatif. Iklan ini sesuai dengan namanya bertujuan untuk menyampaikan suatu informasi. Iklan ini memiliki ciri antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Iklan informatif memiliki tujuan untuk menciptakan atau membentuk kesadaran atas calon konsumen atau pengenalan serta memberi pengetahuan tentang suatu produk yang baru diciptakan maupun untuk memberi informasi tentang produk lama
  2. Untuk memberi informasi apabila ada perubahan harga maupun perubahan kemasan
  3. Untuk menjelaskan cara kerja suatu produk dan juga mengoreksi produk ketika ada kesalahan
  4. Mengurangi ketakutan atau keraguan konsumen terhadap produk yang ditawarkan

Persuasive Advertising

Persuasive Advertising atau iklan persuasif adalah iklan yang mana bersifat mengajak, sesuai dengan namanya yakni persuasif. Beberapa cirinya antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki tujuan untuk menciptakan kesukaan atau menjadikan prefensi serta keyakinan sehingga calon konsumen mau dan tergerak untuk membeli serta menggunakan barang atau jasa
  2. Memiliki tujuan untuk persuasif terhadap masyarakat luas untuk menggunakan produk atau jasa tertentu
  3. Memberi anjuran untuk membeli atau mematuhi
  4. Mengubah persepsi yang dimiliki oleh konsumen atau sebagai bentuk komunikan

Simak juga ulasan terkait tentang Kesalahan yang sering dilakukan dalam pemasaran serta artikel menarik lainnya mengenai Cara mengatasi produk yang tidak laku di pasaran

Reminder Advertising

Reminder advertising atau iklan pengingat adalah iklan yang sifatnya mengingatkan. Beberapa karakteristik dari iklan ini antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki tujuan untuk mendorong pembelian ulang
  2. Sebagai pengingat bahwa produk tersebut akan dibutuhkan dalam jangka waktu yang singkat
  3. Untuk menjaga kesadaran akan eksistensi suatu produk tersebut
  4. Menjaga hubungan baik antar pembeli dan konsumen

Itulah beberapa syarat iklan yang baik serta jenis jenis iklan yang ada. Kini kita telah mengetahui bahwa syarat iklan yang baik memiliki beberapa inti yakni iklan tersebut harus menarik, jelas, singkat, bersifat mengajak, dan tidak menjatuhkan pihak lain. Serta, terdapat tiga jenis iklan yaitu iklan informatif, iklan persuasif, dan iklan pengingat. Sekian artikel singkat ini semoga dapat memberikan manfaat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.