Tipe Penabung

5 Tipe Penabung Berdasarkan Karakter Personal dan Anda Termasuk Yang Mana

By: Egy arisandi

Jaman sekarang menabung sudah menjadi gaya hidup, dimana orang mulai sadar tentang pentingnya menabung.

Menabung bukan hanya mengajarkan agar kita hidup sederhana, tetapi juga memberikan kita persiapan apabila nantinya ada waktu dimana terdapat kebutuhan mendesak.

Kebiasaan menabung sudah sering dibicarakan dimana mana sehingga hal tentang menabung bukan lagi hal yang asing bagi masyarakat milenial. Bagaimanakah karakter anda ketika menabung? Setidaknya terdapat lima jenis penabung. Berikut ini ulasannya!

1. Si Hemat

Jenis penabung pertama ini adalah jenis yang selalu mengutamakan menabung terlebih dahulu daripada membelanjakan untuk sesuatu.

Bagi jenis penabung “si hemat” seringkali juga tidak memiliki tujuan untuk apa uangnya menabung, tetapi selalu terbiasa untuk berhemat.

Biasanya, orang yang memiliki tipe seperti ini adalah golongan orang perfeksionis. Jadi, kalau kalian menemuka orang disekitar anda yang sangat sayang untuk menghabiskan uang dan lebih memilih untuk menabungkannya terlebih dahulu daripada mendahulukan hasrat belanja, sudah dipastikan ia adalah tipe si hemat ini!

Tips untuk si hemat, anda sebaiknya perlu membuat daftar belanjaan secara terperinci sebelum akhirnya menyisihkan uang anda. Takutnya, sudah masuk rekening baru sadar ada kebutuhan yang belum tercukupi.

2. Si Tukang Shopping

Tipe kedua adalah si tukang belanja atau shopping. Biasanya yang masuk kategori ini adalah perempuan yang juga berkarir.

Biasanya, setelah mendapatkan gaji, hasrat belanja untuk pergi ke Mall atau membeli lewat online tidak terbendung. Prinsip yang dianut oleh si Tukang Shopping adalah memberi reward dahulu kepada diri sendiri sebelum akhirnya memikirkan urusan menabung.

Tapi sekedar tips untuk menabung jenis ini, sebaiknya membatasi diri ingin membelanjakan uang seberapa persen dari total gaji. Alih-alih menabung nantinya kalau kehabisan uang dan tidak menabung kan jadi rugi sendiri?

3. Si Pelit

Tipe pertama dan tipe kedua sering disalah artikan. Yang membedakan antara si pelit dan si hemat adalah, si pelit hampir tidak ingin membelanjakan uangnya untuk ditabung.

Biasanya, ia memenuhi kebutuhannya dengan memanfaatkan yang ada disekitar. Untuk si pelit, semua uangnya akan ditabung.

Bisa dibilang, si pelit adalah orang yang dia pelit baik kepada diri sendiri maupun orang terdekatnya. Untuk tipe si pelit, tidak ada salahnya sesekali membahagiakan diri sendiri dengan membeli sesuatu yang anda suka.

Menabung itu fungsinya adalah untuk menyiapkan kebutuhan darurat di masa depan sih, tapi jangan sampai kebutuhan di masa sekarang malah tidak terpenuhi, ya!

4. Si Yolo

Apa itu Yolo? Yolo merujuk pada istilah kekinian yang berbunyi “you only life once” yang artinya kamu hanya hidup sekali.

Untuk tipe penabung ini, ia tidak pernah merencanakan bagaimana menabung dan memilih untuk menikmati uang yang ada sekarang.

Biasanya, ia akan mulai memasukkan uang ke tabungannya ketika uangnya benar benar sisa dan ia tidak lagi ingin menggunakannya. Satu tips untuk jenis penabung Yolo ini, sebaiknya anda mulai mempertimbangkan menabung secara konsisten meskipun jumlah tabungannya hanya sedikit. Meskipun yolo, tetap nabung bro!

5. Si Visioner

Bagi sang penabung jenis Si Visioner, ia melakukan kegiatan menabung dengan alasan dan tujuan yang jelas. Misalnya ia sengaja menabung dengan rentang waktu satu tahun untuk membeli mobil.

Orang orang yang visioner harus memiliki target untuk bisa memenuhi targetnya melalui kegiatan menabung. Saran untuk orang yang memiliki tipe menabung visioner, sebaiknya anda juga menyisihkan dana untuk kebutuhan darurat juga.

Mengapa demikian? hal ini untuk berjaga-jaga kalau kalau nantinya anda memiliki sesuatu kebutuhan yang sifatnya mendadak, maka tabungan anda yang memang anda sisakan untuk target yang anda tuju tidak akan terganggu.

Baca juga untung rugi menabung uang di bank serta info jenis tabungan bebas gratis biaya administrasi bulanan

Itulah ulasan singkat terkait tipe tipe orang yang menabung. Dari karakter yang kita miliki, kita patut menyadari bahwa orang memiliki karakter berbeda beda dan tipe penabung yang dituliskan diatas bukanlah hal yang mutlak dan final. Anda bisa memperbaiki kebiasaan anda menabung dan menyesuaikan dengan kebiasaan serta karakter anda. Sekian artikel ini semoga memberi banyak manfaat bagi anda para pembaca semua

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.