Peluang bisnis menjanjikan bidang pertanian dan agribisnis

12 Usaha Agribisnis Pertanian Yang Menjanjikan dan Menguntungkan Saat Ini di Indonesia

By: Egy arisandi

Belakangan ini usaha di bidang agribisnis merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan saat ini untuk dijalankan di Indonesia yang mana pertanian sedang mendapatkan sorotan dari pemerintah bahwasannya masih sangat memerlukan perhatian khusus.

Selain dari kondisi alam yang memang sangat mendukung, bisnis ini tidak hanya dilirik oleh kalangan menengah ke atas saja namun juga kalangan kelas menengah ke bawah karena di klaim mampu memberikan profit yang luar biasa.

Dengan hasil panen yang berkualitas, maka tidak menutup kemungkinan juga untuk bisa diekspor ke luar negeri dengan harga yang tentunya jauh lebih mahal dari Indonesia.

Ragam peluang usaha bidang agribisnis yang masih sangat potensial menjanjikan dan menguntungkan

Memang banyak sekali jenis usaha agribisnis yang bisa memberikan keuntungan besar, namun ada beberapa pilihan yang paling direkomendasikan karena tidak membutuhkan modal yang terlalu besar diantaranya ialah:

1. Pertanian sayuran organik

Bahan makanan organik sudah lama menjadi trend yang dipercaya sebagai sumber makanan yang lebih sehat, banyak serat dan dapat dipastikan bebas dari pestisida.

Harga jualnya pun juga berbeda jauh dengan sayuran yang ada di pasaran umumnya. Sayuran ini biasanya dipacking dengan plastik bersih serta diberikan label organic agar bisa dibedakan dengan yang non-organik.

Permintaan pasar akan hasil pertanian ini sangat tinggi bahkan di restoran mewah seringkali menjaga kualitas dari kudapan atau salad yang mereka buat dengan memilih menggunakan sayuran jenis ini.

Nama lain dari sayuran organik adalah sayuran hidroponik dengan media tanam yang lebih moden dan bisa dilakukan dilahan sempit dengan cara dibuat bertingkat dalam penyusunan potnya.

2. Menjual bibit tanaman yang berkualitas

Sebagai pemula dalam bisnis agribisnis pembibitan tanaman mungkin akan merasa ini pekerjaan paling susah dan akan sering terjadi kegagalan.

Tapi tidak ada yang mustahil bahwa anda nantinya akan menjadi seorang pembibit tanaman handal dengan cara selalu belajar dari setiap kesalahan yang terjadi.

Seiring waktu anda akan terbiasa untuk dapat memilih bibit yang unggul serta cara mengembangbiakkan bibit tersebut sehingga memungkinkan anda untuk mampu bersaing dengan perusahaan besar lainnya.

Anda harus berusaha sebaik baiknya dengan hanya menjual bibit yang berkualitas karena petani cenderung lebih memilih bibit yang berpotensi untuk bisa menghasilkan panenan melimpah dan dengan hasil panen yang berkualitas pula.

3. Menanam tanaman hias

Meskipun untuk saat ini tanaman hias sedang mengalami sepi peminat, namun bisa diprediksikan nanti kedepannya bisnis ini akan bisa naik lagi jika ada moment tertentu.

Mengingat fungsi dari tanaman ini akan memberikan keindahan pada hunian atau lingkungan anda, tanaman hias juga dipercaya bisa memberikan efek relaksasi pada pikiran.

Tanaman jenis hias memang banyak jenis dan bentuknya bahkan tidak sedikit jenis-jenis tanaman tertentu yang memang memiliki harga jual yang tinggi bahkan terus stabil dari waktu ke waktu seperti bonsai dan anggrek.

Simak juga ulasan menarik lainnya tentang ide bisnis dan usaha sampingan dengan modal kecil serta artikel terkait mengenai strategi memulai bisnis kuliner dan usaha dagang paling laris saat ini.

4. Pertanian tanaman rempah rempah

Di tangan orang Indonesia rempah-rempah tidak hanya untuk keperluan bumbu masak saja namun bisa dijadikan sebagai obat bahkan sebagai bahan kosmetik dan kecantikan.

Rempah-rempah yang dihasilkan di negeri kita berbeda dengan yang dihasilkan dari Benua Eropa maupun Afrika karena selain dari rasa, negeri ini begitu subur hingga kualitas tanamannya juga jauh lebih sempurna.

Maka tidak salah jika bertanam rempah rempah ini merupakan salah satu peluang usaha bidang agribisnis yang sangat menjanjikan.

Contoh hasil rempah yang paling banyak diminati adalah Jahe, lada, lengkuas, bawang merah dan putih, pala, cengkih, kayu manis.

5. Budidaya tanaman obat

Sebelum anda memutuskan untuk memulai agribisnis di bidang tanaman obat, langkah pertama yang harus anda pikirkan terlebih dahulu ialah tentang kemana nantinya anda akan mendistribusikan hasil panen tanaman obat ini.

Apakah untuk pabrik besar yang membutuhkan kuantitas besar atau hanya untuk home industry dengan permintaan skala menengah.

Kemudian harus disesuaikan dengan lahan dan kapasitas panen yang dihasilkan agar mampu memenuhi kebutuhan market yang anda tuju.

Beberapa tahun belakangan ini terjadi peningkatan yang cukup signifikan akan permintaan obat herbal. Ketika masyarakat sudah mulai jenuh dengan obat kimia yang memiliki resiko bagi tubuh, maka para petani tanaman obat ini telah menangkap sebuah peluang bisnis yang cukup menjanjikan untuk dijalani.

Jenis-jenis tanaman yang berfungsi bisa sebagai obat diantaranya ialah jahe merah, lidah buaya, temulawak, daun sirih, bunga rosella dan masih banyak lagi tanaman obat yang memiliki nilai jual cukup tinggi.

Media tanam yang dibutuhkan juga bisa disesuaikan dengan lingkungan tempat tinggal seperti di pekarangan yang anda miliki atau bagi anda yang mungkin tidak memiliki lahan bisa juga menggunakan media karung untuk menanamnya.

6. Budidaya jamur konsumsi

Budidaya jamur ini tetap tidak ada matinya sampai saat ini dan ada baiknya apabila anda mulai untuk mencoba menjalankannya karena selain bisa dikonsumsi, ada pula jamur tertentu yang dapat dijadikan sebagai obat herbal.

Peluang usaha bidang agribisnis ini masih sangat terbuka luas karena belum terlalu banyak orang yang melakukan budidaya jamur secara besar besaran sehingga masih sedikit tingkat persaingannya.

Jamur merupakan bahan makanan yang sangat baik dikonsumsi selain kaya serat, tinggi protein juga sebagai pengganti daging bagi golongan vegetarian.

Makanan mewah ala resto juga kerapkali memakai jamur sebagai salah satu campuran masakan yang dihidangkan.

Simak juga ulasan terkait mengenai peluang usaha paling menjanjikan di kampung atau pedesaaan serta artikel menarik lainnya tentang peluang bisnis paling bagus di tahun 2022.

7. Perkebunan tanaman buah

Untuk memulai usaha pertanian kebun buah, minimal anda harus memiliki lahan yang cukup serta bisa mendapatkan bibit tanaman buah yang berkualitas dengan usia pendek namun dapat segera berbuah.

Pertanian tanaman buah yang tidak terlalu rumit dan paling umum di dikonsumsi oleh kebanyakan orang diantaranya ialah pisang raja, buah naga, manga, jeruk, pepaya, jambu yang mana jenis buah buahan ini bisa dengan mudah anda pasarkan dimana saja.

Untuk jenis buah musiman memang harga jualnya cenderung lebih bagus daripada jenis tanaman buah tidak musiman, oleh karena itu cermatlah anda dalam memilih mana yang paling sesuai dengan lokasi atau tempat anda akan membudidayakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.