Peluang usaha dan bisnis rumahan paling menjanjikan di desa

10+ Contoh Peluang Usaha Rumahan di Desa Yang Menjanjikan Saat Ini

By: Egy arisandi

Usaha rumahan yang memiliki peluang menjanjikan saat ini untuk di jadikan lahan bisnis di desa sebenarnya masih sangat banyak sekali ragam jenisnya.

Yang paling penting ialah bagaimana cara anda menganalisa potensi yang ada dengan selalu memperhatikan lingkungan masyarakat sekitar dan bagaimana respon mereka.

Bisa memiliki sebuah usaha mandiri memang menjadi idaman banyak orang selain bisa menciptakan lapangan kerja untuk orang lain, minimal anda bisa mengajak keluarga untuk bekerja.

Langkah awal sebelum memulai usaha rumahan bagi yang tinggal di desa

Menjadi masyarakat kampung atau pedesaan memang secara sudut pandang kehidupan sosial sangat jauh berbeda dengan orang kota.

Sehingga untuk dapat menemukan peluang usaha apa yang paling potensial di kampung ataupun dimana saja tentunya tetap ada beberapa poin yang perlu anda perhatikan diantaranya ialah:

  • Mencari potensi – Hal pertama yang wajib anda ketahui ialah apa yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat desa khususnya.
  • Support – Pada poin ini sebaiknya anda memahami apakah di lokasi tersebut mendukung untuk di laksanakan kegiatan usaha seperti ijin lingkungan atau legalitas lainnya.
  • Persiapan dan strategi – Hal ini meliputi kesiapan anda menyediakan modal ataupun sarana lainnya hingga metode yang akan anda lakukan untuk menjalankan usaha tersebut.
  • Eksekusi – Finalnya ialah segera beraksi dan tidak terlalu lama menunda karena sembari berjalan tentu akan banyak sekali pelajaran berharga yang bisa anda peroleh nantinya.

Jenis usaha dan bisnis yang paling potensial dijalankan di kampung

Berikut ini ialah beberapa contoh peluang bisnis dan usaha rumahan yang terbilang sangat menguntungkan dan masih memiliki potensi menjanjikan untuk di tekuni hingga kedepannya.

1. Bisnis di bidang jasa (layanan)

Tidak hanya di lingkungan masyarakat kota saja, bisnis jasa sebenarnya juga masih bisa dilakukan di wilayah perkampungan atau desa menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat seperti:

Jasa mobil angkut truk atau pick up

Memiliki kendaraan truk atau pick up di kampung adalah aset yang sangat berharga karena bisa mendatangkan penghasilan dengan cara menyewakannya.

Di desa pada umumnya masih terdapat area pertanian yang luas sehingga pada saat musim panen mereka akan membutuhkan armada untuk megangkut hasil panen dari lokasi satu ke tempat lainnya.

Menyewakan mesin traktor

Ada banyak jenis mesin traktor yang laris manis disewakan untuk kebutuhan pertanian diantaranya:

  • Mesin traktor pengolah tanah
  • Mesin pemanen padi
  • Mesin perontok jagung
  • Mesin pengairan dan irigasi

Saat ini memang mayoritas penduduk desa sudah bisa memperhitungkan sisi efisiensi waktu sehingga segala bentuk pertanian yang dulunya dikerjakan secara manual, sekarang sudah banyak yang beralih mengandalkan berbagai mesin.

Karena tidak semua petani memilikinya, jika anda memiliki modal cukup maka peluang ini bisa anda bidik sebagai bisnis yang cukup menjanjikan.

Jasa service elektronika

Tampaknya semua orang sekarang ini sudah menganggap barang elektronika adalah bagian hidup sehari hari, jadi dapat dipastikan mereka semua telah memilikinya seperti TV, Kulkas, Majicom, dan mesin pompa air.

Daripada mereka jauh jauh pergi ke kota hanya untuk mereparasi perkakas yang rusak, apabila anda memiliki keahlian di bidang ini tentu saja bisa menjadi usaha rumahan yang menghasilkan.

2. Usaha di bidang agribisnis

Sudah selayaknya jika tinggal di desa akan lebih potensial apabila anda memiliki passion di bidang agribisnis karena selain lingkungan yang masih cukup mendukung tentunya usaha ini tetap akan mudah memperoleh konsumen.

Merintis usaha peternakan

Ada banyak sekali jenis peternakan yang bisa anda lakukan di kampung, dan mayoritas jenis usaha ini memiliki pangsa pasar yang luas karena hasilnya tetap akan di butuhkan oleh masyarakat mulai desa hingga kota.

Adapun beberapa usaha ternak yang tidak pernah ada matinya karena sudah menjadi kebutuhan konsumsi di antaranya ialah:

  • Ternak ayam potong
  • Ayam petelur
  • Budidaya ikan lele, nila, gurami dll

Pertanian modern

Pada sektor pertanian modern tentu saja akan sangat jauh berbeda dengan metode pertanian konvensional yang mana mereka tidak lagi bercocok tanam di sawah ladang maupun kebun.

Seperti halnya pertanian sayur hidroponik, cukup dengan memanfaatkan lingkungan rumah dengan sarana yang lebih praktis (peralatan media hidroponik) maka bisa menghasilkan komoditas pertanian dengan harga yang jauh lebih mahal.

Contohnya lagi pertanian jamur tiram, jamur merang dll yang sekarang ini permintaan pasar juga terus meningkat.

3. Ide usaha kreatif

Ingin mencoba merintis bisnis rumahan di desa pada sektor usaha kreatif juga masih terbuka lebar.

Anggap saja jika anda memiliki keahlian di bidang karya seni dengan memanfaatkan sumber daya alam desa yang masih melimpah seperti:

  • Membuat karya seni dari bambu
  • Produk seni kayu berukir
  • Produk seni dari tanah liat dan keramik dll

Untuk beragam produk kreatif saat ini justru memiliki peluang yang sangat bagus karena bisa di dukung dengan strategi pemasaran online maka akan lebih menjangkau target konsumen yang lebih luas.

4. Peluang usaha dagang

Dalam bisnis perdagangan yang bisa dikelola di rumah atau dapat juga menjadi salah satu peluang bisnis dengan modal kecil yang memiliki potensi menjanjikan di desa saat ini seperti:

Menjual pulsa handphone – Semua orang saat ini sudah menggunakan HP sebagai alat komunikasi sehari hari, jadi dapat dipastikan bahwa pulsa merupakan kebutuhan yang akan terus di beli oleh masyarakat.

Pulsa listrik – Demikian pula dengan kebutuhan pulsa listrik, apapun alasannya jika anda memulai bisnis rumahan dengan menjual pulsa listrik ini tentu tidak akan sulit untuk mendapatkan konsumen meskipun anda tinggal di desa.

Menjual gas elpiji – Setelah minyak tanah sulit didapatkan, mau tidak mau masyarakat sekarang beralih pada penggunaan bahan bakar gas.

Menjadi agen gas elpiji di desa adalah salah satu peluang usaha rumahan yang bisa anda bidik mengingat kebutuhan akan bahan bakar ini sudah tidak mungkin lagi di tinggalkan oleh masyarakat.

Menjalankan usaha dagang yang paling menjanjikan di desa lainnya ialah berprofesi sebagai broker hasil pertanian.

Syarat paling utama ialah anda harus memiliki relasi pedagang besar di kota yang bisa menjadi penerima hasil pertanian yang anda suplai dari membeli hasil panen masyarakat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.