Resiko dan analisa usaha rental mobil

Tips Cerdas Usaha Merintis Bisnis Rental Mobil Pribadi Dengan Dana Yang Terbatas

By: Egy arisandi

Tentu anda telah mengetahui bahwa jenis bisnis itu amatlah banyak jenisnya. Tetapi sebaiknya anda juga pandai dalam membaca peluang agar bisnis kita mendatangkan profit yang menguntungkan.

Salah satu bisnis yang menjanjikan pada zaman sekarang adalah bisnis rental mobil. Banyak orang yang lebih memilih meminjam mobil atau menggunakan driver online daripada menyetir atau memiliki mobil sendiri. Maka hal ini dapat anda jadikan peluang yang menjanjikan untuk membuka bisnis rental mobil.

Tetapi, bagaimana mengelola dana anda yang terbatas? Apakah dengan dana yang terbatas tersebut bisnis rental mobil anda dapat tetap dibuka?  Berikut disajikan tips untuk anda yang ingin membuka usaha rental mobil dengan modal atau dana yang terbatas!

1. Memilih mobil yang banyak peminatnya

Ketika anda membuka bisnis rental mobil itu artinya anda harus menyediakan mobil untuk disewakan. Sebelum anda akhirnya memutuskan membeli mobil, sebaiknya anda melakukan riset kecil-kecilan tentang mobil yang banyak diminati oleh orang sekitar anda.

Umumnya, para pengguna jasa rental mobil menyukai mobil jenis MPV yang dapat mengangkut banyak orang didalamnya. Selain itu, mobil dengan bahan bakar yang irit juga digemari oleh para pengguna rental mobil.

Biasanya yang banyak diminati pada rental mobil antara lain yakni Avansa, Innova, Xenia, Gran Max, dan masih banyak lagi.

2. Sebaiknya menghindari membeli mobil bekas

Poin selanjutnya adalah anda sebaiknya menghindari membeli mobil bekas meskipun harga yang ditawarkan memang jauh lebih murah daripada membeli baru.

Dengan menyediakan mobil yang baru, maka bisnis rental anda akan memiliki value lebih dimata para konsumennya. Selain itu, dengan membeli mobil baru kita akan memangkas biaya perawatan dan juga tentunya lebih efisien dalam hal tenaga dan juga waktu.

3. Membeli mobil secara kredit

Apabila modal yang anda miliki sangat terbatas sehingga tidak memungkinkan untuk membeli mobil baru seluruhnya, maka membeli mobil secara kredit bisa menjadi solusinya.

Untuk biaya cicilannya sendiri, anda dapat mengambil sebagian dari hasil rental mobil anda tersebut sehingga anda tidak akan merasa terbebani.

Hal ini dengan catatan apabila memang anda tidak dapat membeli mobil secara tunai ya, apaila memang tidak memungkinkan maka membeli kredit sangat disarankan.

Simak juga tips tentang Disiplin yang harus dilakukan agar menjadi pengusaha sukses serta ulasan terkait mengenai persiapan penting untuk memulai bisnis dari nol

4. Menentukan syarat dan ketentuan sewa mobil anda

Tentu anda harus menentukan ini, mengingat bahwa bisnis rental mobil memiliki resiko yang cukup tinggi seperti tidak kembalinya mobil anda dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat menahan KTP atau surat identitas yang terpercaya lainnya sebagai jaminan.

Selain itu anda sebaiknya membuat surat perjanjian sewa yang ditandatangani oleh konsumen tersebut, lebih bagus apabila perjanjian tersebut diatas materai. Kemudian, anda juga dapat menambahkan GPS pada mobil anda sehingga anda dapat melacak keberadaan mobil anda untuk menghindari dari hal yang tidak diinginkan.

5. Mendaftarkan mobil yang anda miliki pada perusahaan asuransi

Selain resiko kehilangan, anda juga berpotensi mengalami kerusakan karena kecelakaan, hilang, terkena bencana, dan lain sebagainya.

Untuk menanggulangi resiko yang mungkin ditimbulkan ini, anda sebaiknya mendaftarkan mobil anda pada perusahaan asuransi.

Dengan membayarkan iuran asuransi, anda akan merasa aman dan mobil anda terproteksi dengan baik. Apabila hal yang tidak diinginkan terjadi, dengan mengikuti asuransi maka anda akan diberikan ganti rugi oleh pihak asuransi tersebut.

6. Mempromosikan Bisnis anda

Cara memasarkan produk secara online

Kini sosial media menjadi hal yang banyak diminati oleh orang dan perkembangannya sangat pesat. Anda dapat memanfaatkanya untuk promosi bisnis anda.

Baik menggunakan promosi yang berbayar ataupun tidak, anda harus segera mempromosikan bisnis anda agar bisnis anda tersebut dapat dikenal oleh masyarakat luas sehingga memiliki potensi yang tinggi agar dihubungi dan menyewa mobil pada anda.

Jangan lupa turut menyertakan alamat rental usaha anda dengan jelas dan juga nomer yang bisa dihubungi untuk info lebih lanjut. Anda juga harus membuat bisnis anda semakin dipercaya dengan testimoni-testimoni yang anda berikan.

Anda bisa mempromosikan bisnis rental mobil anda ini di Facebook, line, instagram, website, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika akan menjalankan bisnis rental mobil dengan modal yang terbatas. Semoga bisa bermanfaat, ya!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.