Mempertahankan & Mengembangkan Bisnis

Tips Cerdas dan Jitu Cara Mempertahankan & Mengembangkan Bisnis

By: Egy arisandi

Memulai bisnis baru bukanlah suatu hal yang mudah. Namun mempertahankan dan mengembangkannya jauh lebih sulit lagi.

Umumnya para pebisnis pemula sangat menginginkan keuntungan yang besar dengan waktu yang singkat. Hal ini tentunya suatu hal yang amat mustahil untuk dilakukan karena suatu usaha pastinya membutuhkan proses untuk bisa menuju ke sana.

Sehingga anda perlu waktu untuk mendapatkannya. Berikut ini kami berikan beberapa tips yang bsa anda gunakana untuk mengembangkan dan mempertahankan sebuah bisnis. Simak ulasannya.

1. Pisahkan Keuangan Bisnis & Pribadi

Tidak jarang para pengusaha pemula tidak mengindahkan hal ini. Sehingga akibatnya fatal terhadap bisnisnya sendiri.

Mereka seringkali mencampuradukkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis, karena menganggap keduanya sama saja.

Kegiatan semacam ini justru akan semakin mempersulit perhitungan biaya bisnis anda, terkait berapa pemasukan dan pengeluarannya.

Kesalahan sedikit saja tentu akan berakibat buruk, seperti halnya anda akan kesulitan memperkirakan berapa total biaya yang anda keluarkan selama proses produksi. Sehingga semuanya menjadi tidak jelas akibat hal tersebut.

2. Lebih Efisien dalam Pengeluaran Bisnis

Memisahkan antara keuangan pribadi dan bisnis merupakan suatu hal yang memang harus dilakukan dalam membangun sebuah usaha.

Walaupun pada dasarnya modal yang anda berikan untuk membangun bisnis tersebut adalah modal anda sendiri namun tetap saja keduanya haruslah dipisahkan guna mempermudah melakukan perhitungan.

Selain itu anda juga akan lebih mudah memperkirakan mana pengeluaran yang harus didahulukan dan dan mana yang tidak. Sehingga semuanya menjadi lebih efisien.

Keuangan bisnis tentu saja tidak bisa anda gunakan seenaknya sendiri. Pengeluaran yang terjadi harus anda sesauikan dengan kebutuhan dalam bisnis.

3. Buat Anggaran atau Rencana Keuangan

Dalam sebuah bisnis tentu saja membuat rencana keuangan merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan. Untuk memperkirakan berapa pengeluaran yang akan dilakukan di periode mendatang.

Ada satu hal yang perlu anda ingat ketika akan membuat anggaran keuangan yakni berusahalah untuk membuat jumlah pengeluaran di setiap periodenya tetap.

Kalaupun untuk memenuhi kebutuhan yang mendadak sewaktu waktu anda bisa menggunakan kas supaya semuanya menjadi lebih mudah.

Perlu anda tahu bahwa dalam pembuatan rencana keuangan tersebut bisa anda lakukan dengan memanfaatkan aplikasi keuangan yang tentu saja bisa mempermudah dan mempercepat pekerjaan anda.

Simak juga ulasan terkait mengenai tips membuka usaha cafe dengan modal kecil serta info menarik lainnya tentang cara mendapatkan sumber modal usaha untuk UKM dan bisnis kecil

4. Perhatikan Sumber Daya Manusia

Ada banyak hal yang perlu anda perhatikan ketika membangun sebuah bisnis supaya bisa berjalan dengan baik sesuai apa yang anda harapakan.

Salah satunya adalah dengan memperhatikan kualitas dari sumber daya manusia yang ada. Karena faktor ini merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu usaha.

Sebaiknya carilah dan tempatkanlah para pekerja sesuai dengan kemampuannya masing masing. Supaya mereka tidak merasa terbebani ketika sedang bekerja.

Selain itu mereka juga akan merasa lebih bebas untuk melakukan pekerjaannya dengan tulus tanpa merasa tertekan oleh siapapun.

Namun yang perlu anda ingat dalam hal ini adalah tetap perhatikan kesehatan mereka guna tenaganya tidak terlalu terforsir sehingga mereka tidak mudah sakit.

Kalau perlu anda bisa memberikan mereka bonus atau insentif untuk meningkatkan semangat kerja mereka. Sehingga mereka akan lebih loyal terhadap usaha anda di masa mendatang.

5. Bayar & Tagih Tepat Waktu

Dalam berbisnis urusan utang piutang merupakan suatu hal yang sudah biasa. Daftarlah semua utang perusahaan berdasarkan tanggal jatuh temponya, sehingga anda bisa tahu utang mana yang harus didahulukan dan mana yang tidak.

Dan sebaiknya ketika tanggal jatuh tempo telah tiba maka secepatnyalah dilunasi supaya beban perusahaan tidak semakin berat.

Di samping semua utang perusahaan yang harus diperhatikan, anda pun juga harus memperhatikan pula piutang yang anda miliki. Tagihlah piutang anda secara rutin yang memang telah anda berikan pada pelanggan sebelumnya. Gunakanlah faktur reminder untuk mengingatkan mereka.

6. Konsultasi dengan Ahlinya

Sebagai seorang pebisnis pemula alangkah baiknya ketika akan mendirikan usaha anda terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan ahlinya.

Sehingga anda tahu persoalan mana yang memang harus anda perhatikan dan lakukan terlebih dahulu dan mana yang tidak.

Lalu di mana kita harus tanya? Anda bisa datang langsung ke acara acara seperti seminar bisnis dan forum forum bisnis yang memang menyediakan layanan ini. Dengan begitu maka anda akan semakin dicerahkan dengan informasi informasi tentang bisnis.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.