Cara menawarkan produk baru pada konsumen

5 Tips Cara Menawarkan Produk Untuk Membuat Konsumen Tertarik

By: Egy arisandi

Dalam sebuah bisnis kesulitan dalam menawarkan atau memasarkan produk tidak jarang mereka alami, sehingga hal ini menjadi problem krusial yang harus secepatnya ditangani.

Mengingat produk merupakan faktor terpenting dalam sebuah bisnis dan menjadi penentu keberhasilan, oleh sebab itu seorang pebisnis harus mampu mengembangkan sebuah strategi yang tepat guna bisa memasarkannya secara cepat dan berkelanjutan.

Kesulitan ini memang harus segera mungkin ditangani karena jika tidak maka usaha anda pasti akan segera berakhir. Dalam beberapa bulan di awal perilisan produk sebaiknya penjualan sudah mampu menutupi biaya produksi sehingga untuk ke depannya usaha anda masih mampu untuk melakukan produksi massal.

Masalah kesulitan dalam menawarkan produk seringkali menghambat berkembangnya suatu usaha. Penumpukan produk di tempat usaha dan tidak kunjung terjual dapat menghentikan kegiatan operasional perusahaan jika terus dibiarkan.

Sehingga para pekerja lama kelamaan akan berkurang dan harus resign dari pekerjaannya mengingat perusahaan sudah tidak mampu lagi melakukan produksi dan membayarkan gaji karyawan.

Strategi ampuh yang digunakan untuk melakukan pemasaran produk adalah dengan melakukan promosi baik itu secara tertulis maupun lisan.

Promosi yang dilakukan dengan memanfaatkan berbagai fitur media sosial yang ada dianggap lebih efektif untuk melakukan penjualan. Mengingat masyarakat sekarang lebih sering mengakses internet ketimbang dengan datang langsung ke pameran atau acara perilisan produk.

Nah, berikut ini kami berikan beberapa cara yang efektif digunakan untuk melakukan penawaran produk. Simak ulasannya.

1. Percaya Diri

Rasa percaya diri perlu dimiliki dalam menawarkan suatu produk. Karena hal ini merupakan modal utama anda dalam menghadapi berbagai respon masyarakat yang tidak semuanya baik tentunya.

Namun yang terpenting di sini adalah sedari awal anda harus meneguhkan hati dan menguatkan mental guna melakukan promosi dengan baik. Sehingga calon konsumen anda bisa langsung tertarik dan sesegera mungkin melakukan transaksi.

2. Tunjukkan Keunggulan Produk

pekerjaan yang cocok untuk lulusan smk akuntansi

Umumnya dalam melakukan promosi atau penawaran seorang pelaku bisnis selalu menyodorkan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh produk anda.

Mulai dari khasiat, harga hingga kemasan yang menarik. Hal ini dilakukan untuk menciptakan kepercayaan masyarakat sehingga mereka mau melakukan transaksi. Tunjukkanlah kelebihan kelebihan tersebut secara mendetail dan nyata serta gunakanlah tata bahasa yang natural dan tidak berlebihan.

Karena jika anda terlalu mengagungkan agungkan suatu produk dan merendahkan produk yang lain maka calon konsumen akan merasa risih dan enggan untuk membeli.

Usahkanlah untuk tidak provokatif terhadap calon konsumen. Tak perlu khawatir jika produk anda memiliki suatu kekurangan, sampaikanlah dengan baik dan jelas bahwa hal tersebut bukanlah masalah yang besar jika anda memakainya.

3. Jangan Merendahkan Produk Lain

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwa melakukan promosi dengan menjatuhkan produk yang lain bukanlah langkah yang tepat.

Selain akan menimbulkan persaingan yang tidak sehat jika hal yang tersebut ternyata tidak benar adanya maka persoalan ini akan menjadi masalah yang pelik dan rumit.

Bila competitor anda tidak terima dan memiliki bukti bahwa anda melakukan suatu fitnah maka hal ini bisa sampai ke meja hukum. Tentunya hal ini tidak ingin anda alami bukan.

Oleh sebab itu lakukanlah promosi senormal mungkin. Hindarilah hal hal yang negative yang sifatnya menjatuhkan usaha pesaing.

Kalaupun yang anda katakan merupakan suatu hal yang benar tetap hal tersebut tidak dibenarkan. Hal ini dilakukan untuk menjaga hubungan baik usaha anda di mata pesaing. Ciptakanlah citra yang bersih dan baik di mata semua orang. Dengan begini maka kepercayaan akan muncul dengan sendirinya dari para konsumen.

4. Memberikan Kesan Pertama yang Baik

Kesan pertama yang baik tentunya akan menciptakan kepercayaan tersendiri bagi calon konsumen. Mereka akan menganggap bahwa produk yang anda tawarkan benar benar baik adanya.

Hal ini tentunya akan menciptakan suatu citra yang positif bagi usaha anda di masa depan. Gunakanlah cara promosi yang positif dan sopan serta persuasif. Dengan begini maka calon konsumen akan memahami apa kelebihan produk anda.

5. Memberikan Pelayanan Terbaik

Dalam sebuah bisnis ada istilah yang namanya service excellent atau yang biasa dikenal dengan pelayanan prima. Maksudnya dalam hal ini adalah pelayanan yang diberikan oleh suatu perusahaan terhadap konsumen ataupun calon konsumen haruslah dilakukan dengan sebaik baiknya tanpa harus membeda bedakan kedudukan mereka.

Sehingga para konsumen akan merasa diperhatikan dan selalu diutamakan ketika melakukan transaksi. Ketika berbicara hendaknya gunakanlah kalimat yang sopan dan ramah serta selalu tersenyum kepada mereka. Dengan begini maka mereka akan merasa nyaman seperti sedang berada di rumah sendiri.

Itu tadi beberapa tips dalam menawarkan suatu produk dengan tepat dan baik. Penawaran produk haruslah mengikuti etika berbisnis pada umumnya. Tak perlu takut dengan persaingan karena hal ini sudah pasti ada. Cukup jalani dengan baik dan hindari hal hal yang negative yang sifatnya menjatuhkan usaha yang lain.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.