Sukses meningkatkan kualitas diri

7 Cara Meningkatkan Kualitas Diri Guna Meraih Kesuksesan Karir & Pekerjaan

By: Egy arisandi

Siapa sih di dunia ini yang tidak ingin sukses? Semua orang didunia ini tentunya ingin mencapai kesuksesan dalam hidup. Kesuksesan dapat ditandai dengan keberhasilan entah baik dalam sosial, finansial, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara mencapai kesuksesan?

Apakah cukup dengan bekerja keras saja? ataukah selama ini anda berfikir bahwa kesuksesan sejatinya ditentukan oleh faktor keberuntungan?

Faktanya, keberhasilan hidup ditentukan dari seberapa tinggi kualitas yang dimiliki oleh seseorang. Semakin baik kualitas diri seseorang, semakin berhasil pula hidupnya.

Lalu, apa sih definisi dari kualitas diri? secara singkat kualitas diri adalah akumulasi dari sikap, karakter, nilai, kebiasaan, serta cara berfikir yang dimiliki oleh seseorang. Maka apabila kita meningkatkan salah satu faktor yang ada, maka artinya kita telah meningkatkan kualitas diri kita tersebut.

Ini adalah bagian yang anda tunggu-tunggu. Setelah mengerti tentang seberapa penting dari meningkatkan kualitas diri dan apa saja faktor dari kualitas diri itu, lalu bagaimana cara meningkatkan kualitas diri kita sehingga kita bisa meraih kesuksesan yang kita mau? Cara-caranya adalah sebagai berikut:

1. Menemukan Passion Anda

Passion, atau dalam bahasa Indonesia artinya gairah, dalam hal ini kaitannya dengan kegiatan yang sangat anda sukai sehingga ketika anda mengerjakannya anda bisa lupa waktu. Selain itu, ketika anda mengerjakan hal tersebut, anda mendapati bahwa anda lebih mudah mengerjakannya daripada orang kebanyakan.

Dengan menemukan passion anda, anda dapat mengasahnya sehingga anda dapat mencapai kualitas diri anda yang tertinggi.

Misalnya, passion anda adalah menulis. Dengan menemukan passion anda tersebut, anda dapat mengasahnya dengan mudah sehingga nantinya anda memiliki skill menulis yang mumpuni.

Skill yang mumpuni dalam menulis akan membuat anda mudah mendapatkan pekerjaan yang ada hubungannya dengan menulis sehingga anda dapat mendapatkan pekerjaan impian anda.

2. Melakukan langkah nyata

Mencapai sukses usaha dengan mudah

Mungkin anda akhir-akhir ini memikirkan kebiasaan anda yang buruk seperti menyelesaikan pekerjaan anda pada detik-detik terakhir, mungkin anda telah menemukan passion anda yakni suka hal tentang fotografi.

Sebaiknya, hal hal tersebut tidak berhenti hanya difikiran anda saja! Anda harus melakukan langkah nyata untuk mewujudkan apa yang telah anda fikirkan.

Mulai ubahlah kebiasaan buruk tersebut sehingga kebiasaan akan tergantikan dengan kebiasaan yang baik. Mulailah mendalami passion anda secara konstan.

Yang perlu anda lakukan sekarang adalah mulai bertindak. Jangan lupa untuk mengulang-ulang sehingga langkah nyata anda menjadi rutinitas baru anda. Dengan begini, kualitas diri anda secara otomatis akan meningkat.

3. Keluar dari Zona Nyaman

Apa yang membuat anda sekarang seperti ini adalah zona nyaman anda. Maka apabila anda ingin meningkatkan kualitas yang anda miliki, anda harus berani keluar dari zona nyaman anda.

Mulailah dari menghadapi ketakutan anda selama ini. Misalnya, anda tidak bisa memulai pembicaraan terhadap orang lain. Mulailah melawan rasa takut itu dengan rutin menyapa kenalan anda yang ada di kantor maupun kampus. Anda juga perlu ingat bahwa sejatinya kemampuan bersosialisasi ini sangatlah penting. Apabila relasi anda banyak, nantinya akan memberi benefit bagi karir anda.

Baca juga tips rahasia sukses bisnis kuliner untuk pemula serta alasan mengapa karyawan harus memiliki bisnis sampingan

4. Me Time

Anda bisa bekerja keras sepanjang hari, berusaha meningkatkan kualitas hidup anda dan lain sebagainya. Tetapi anda tidak boleh lupa untuk meluangkan waktu untuk diri anda sendiri.

Mengapa hal ini penting? karena dengan melakukan me time, anda akan melakukan refleksi terhadap apa yang telah terjadi dan apa yang anda inginkan kedepannya.

Selain itu, melakukan me time akan bisa menambah kadar semangat yang anda miliki sehingga ketika anda dalam proses melakukan tidakan nyata dan keluar dari zona nyaman, anda semakin bergairah untuk meningkatkan kualitas diri yang anda miliki.

5. Menetapkan tujuan dan fokus terhadap tujuan tersebut

Kunci meraih sukses bisnis dan wirausaha

Dalam menentukan tujuan pun, anda haruslah realistis. Anda tidak boleh over take dalam menentukan tujuan anda. Setelah itu, anda harus fokus terhadap tujuan tersebut.

Misalnya, anda bertujuan membuat project yang berkaitan dengan pekerjaan dan passion anda. Pastikan bahwa project tersebut realistis dan memungkinkan untuk dikerjakan. Setelah itu, anda harus fokus terhadap project tersebut dan tidak dengan mudah berganti-ganti project.

6. Selalu berada pada lingkungan positif

Tidak dipungkiri, lingkungan yang negatif akan memberikan dampak buruk pada kualitas diri anda. Anda juga akan cenderung meniru apa yang ada disekitar anda.

Maka dari itu, sebaiknya anda terus mempertahankan dan mencari lingkungan yang sekiranya positif bagi anda. Carilah lingkungan yang mendukung perkembangan diri anda menjadi lebih bagus, supportif, optimis, dan rendah hati.

7. Tidak cepat puas diri

Sikap merasa tidak cepat puas diri akan menyebabkan kita semakin semangat belajar serta tidak mau berhenti belajar. Anda harus merasa bahwa yang anda miliki saat ini belum cukup sehingga anda merasa perlu terus-menerus meningkatkan kualitas diri anda.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan kualitas diri anda. Dengan menerapkan cara-cara diatas, maka niscaya kualitas diri anda akan meningkat dan anda

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.