Komoditas ekspor Indonesia paling besar

7 Komoditi Ekspor Indonesia Yang Paling diminati Pasar Internasional

By: Egy arisandi

Bagi anda pelaku bisnis, tentu akan senang apabila produk yang anda miliki dapat menyentuh pasar internasional. Hal tersebut menjadi kebanggan tersendiri dan menambah citra bisnis anda baik di mata nasional maupun internasional.

Beberapa pengusaha sudah mulai merambahkan bisnisnya di luar negeri, sejalan dengan mudahnya regulasi yang mana  meningkatkan nilai ekspor.

Tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba melakukan ekspor barang anda ke luar negeri. Tetapi sebelum itu, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu komoditi ekspor apa saja yang banyak diminati oleh pasar internasional? Komoditi-komoditi tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Produk tekstil

Komoditi pertama yang diminati oleh masyarakat mancanegara adalah produk tekstil. Apalagi, industri manufaktur di Indonesia cukup berkembang pesat.

Banyak tenaga kerja yang akhirnya terserap akibat adanya industri tekstil ini sehingga memang komoditinya amat banyak.

Produk tekstil dari Indonesia pun diminati banyak negara di dunia seperti diantaranya Amerika Serikat, China, Turki, Jepang, Inggris, Korea Selatan, dan Malaysia.

Bagi anda yang bisnisnya bergerak dibidang tekstil, anda bisa mulai mempertimbangkan untuk merambah produk anda diluar negeri melalui impor. Selain itu, anda sebaiknya segera menemukan ciri khas produk anda sehingga produk anda bisa bersaing dengan kompetitor anda.

2. Produk Karet

Tahukah anda bahwa Indonesia merupakan negara penghasil karet terbesar setelah negara yang tidak pernah dijajah (Thailand)? Kenyataannya jumlah supply karet alam di Indonesia merupakan hal yang penting untuk pasar internasional.

Beberapa negara yang rutin diekspor karet alam dari negara Indonesia antara lain adalah Jepang, Singapura, Brazil, Tiongkok, serta Amerika Serikat.

Bagi anda yang memiliki kesempatan untuk berbisnis produk karet atau tengah merintis ini, tidak ada salahnya mulai memikirkan tentang ekspor barang ini ke kancah internasional.

3. Alas Kaki

Mungkin anda sedikit terkejut bahwa Indonesia terkenal juga akan ekspor alas kakinya. Bahkan, Indonesia masuk kedalam lima negara eksportir alas kaki terbesar di pasar internasional! Bagi anda yang saat ini bergerak dibidang fashion alas kaki seperti sandal, sepatu, anda bisa mulai berfikir untuk mengekspor barang anda ke luar negeri untuk bersaing di pasar internasional!

4. Kulit dan produk kulit

Produk kulit juga amat diminati oleh pasar internasional. Produk kulit seperti selempang, tas, sepatu, sabuk, dan lain sebagainya adalah komoditi ekspor yang disukai oleh masyarakat manca negara.

Negara negara yang menyukai produk kulit dan rutin untuk mengimpor produk kulit dari Indonesia yakni Swiss, Belgia, Italia, Belanda, Amerika Serikat, dan lain sebagainya.

5. Produk olahan ikan

Indonesia yang memiliki jumlah laut yang banyak tentu sudah sewajarnya bila mengekspor hasil ikannya. Tetapi bukan hanya itu, negara Indonesia juga mengirim produk olahan ikan yang mana biasa kita lihat disupermarket.

Produk olahan ikan seperti abon ikan, tuna kaleng, sarden, dan lain sebagainya amat diminati oleh negara lain. Bagi anda yang bergerak dibidang industri makanan bisa mempertimbangkan hal ini untuk ikut merambah pasar internasional.

6. Produk hasil hutan

Indonesia memang kaya akan hasil alamnya maka tidak mengangetkan bahwa banyak masyarakat mancanegara yang menyukai dan membutuhkan produk buatan Indonesia khususnya yakni produk hasil hutan.

Furniture yang terbuat dari kayu terlihat lebih unik dan juga bekelas, itulah mengapa masyarakat mancanegara menggemari produk hasil hutan. Produk produk seperti meja,kursi, dipan, meja dapur, dan lain sebagainya adalah contoh dari komoditi yang diminati oleh pasar mancanegara.

7. Kopi

Selanjutnya komoditas yang juga terkenal dan banyak diminati diluar negeri adalah kopi. Bahkan, Indonesia juga mendapatkan predikat sebagai penghasil kopi dengan kualitas terbaik di seluruh dunia.

Maka, bagi anda yang bisnisnya bergerak dibidang kopi harus  berbangga hati karena produk ini sangat diminati di kancah internasional. Karena kopi amat diminati, sebenarnya yang menjadi tugas rumah bagi bangsa Indonesia adalah bagaimana cara menfasilitasi eksportir kopi dan juga membuat inovasi inovasi untuk produk kopi yang dikirimkan.

Simak juga ulasan mengenai contoh analisis SWOT produk serta info menarik tentang investasi properti yang menjanjikan saat ini

Itulah produk-produk yang ada di Indonesia yang mana diminati oleh banyak masyarakat luar negeri sehingga berpengaruh pada tingginya nilai ekspor yang ada di Indonesia. Sekian artikel ini semoga memberikan manfaat!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.