Cara Supaya Bisa Konsisten dan Termotivasi untuk Menabung

Cara Supaya Bisa Konsisten Dan Termotivasi Untuk Menabung

By: Egy arisandi

Semua orang berbicara tentang keuntungan menabung dan pentingnya menyimpan sebagian uang kita dibandingkan dengan langsung menghabiskannya. Tetapi sayangnya tingkat semangat menabung masyarakat Indonesia masih rendah. Mengapa demikian?

Banyak dari kita yang sudah menyadari tentang pentingnya menabung, tapi rasanya susah sekali untuk konsisten dalam menabung.

Terkadang, semangat yang ada hanya diawal saja. Apabila permasalahan tersebut adalah yang sedang kalian hadapi saat ini, maka anda menemukan artikel yang tepat. Berikut ini adalah cara dan tips supaya anda dapat konsisten dalam menabung serta termotivasi dalam menjalankan rencana menabung anda!

6 Langkah penting dan motivasi agar bisa memulai menabung dan konsisten

1. Pikirkan tentang masa depanmu

Apakah anda ingin tetap memiliki uang pas pasan atau hidup serba berkekurangan dimasa depan? Bagaimana dengan cita-cita anda yang memiliki tujuan untuk bebas dalam urusan finansial?

Yang perlu anda lakukan adalah menabung dari sekarang. Tabungan tersebut kelak akan sangat anda butuhkan dimasa depan.

Misalnya, anda ingin melanjutkan pendidikan S2 maka anda tidak kebingungan dengan biaya karena anda memiliki tabungan.

Dengan predikat lulusan S2 maka anda akan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan juga tentunya gaji yang lebih tinggi daripada anda hanya lulusan S1.

Pikirkan baik-baik tentang masadepan anda setiap waktu agar anda termotivasi untuk menyisihkan uang anda.

2. Miliki target

Cara nomor dua ini dapat anda lakukan agar anda senantiasa termotivasi untuk menyisihkan uang untuk tabungan anda.

Anda dapat menuliskan target anda ditempat yang terlihat supaya ketika anda hampir “kalap” dalam membelanjakan sesuatu, anda ingat dengan target anda.

Misalnya, anda ingin tahun depan membeli mobil secara cash, atau ingin mengumpulkan uang demi uang muka KPR Rumah impian anda. Dengan adanya target, anda dapat selalu termotivasi untuk melakukan saving.

3. Buat anggaran dan tetapkan tabungan anda setiap bulannya

Ini sangatlah penting, karena meskipun anda harus menabung, anda juga harus memenuhi kebutuhan dasar dan harian anda.

Jangan sampai karena anda terlalu berambisi untuk menyimpan uang dengan jumlah banyak, anda akhirnya mengabaikan faktor kesehatan anda dengan mengkonsumsi makanan yang sembarangan.

Pertama, anda dapat menetapkan anggaran dengan cara menuliskan kebutuhan pokok yang tidak dapat diganggu gugat seperti makan, sewa rumah/kos, biaya asuransi, listrik dan air, telefon, wifi, dan sebagainya.

Usahakan menciptakan rencana anggaran dengan bijak, ingat bahwa tujuan anda disini adalah melakukan penghematan.

Anda juga perlu menyisihkan uang untuk bersenang-senang serta dana darurat. Dengan begini, kegiatan menabung anda akan jauh lebih menyenangkan dibandingkan anda menekan seluruh pengeluaran hingga anda tidak dapat bersenang-senang sedikit.

4. Memisahkan rekening

Misalkan anda telah berhasil menyisihkan sebagian uang anda untuk menabung. Apabila tabungan anda tersebut bercampur dengan rekening anda yang ada, itu akan membuat anda berfikir bahwa uang anda masih sangat banyak dan akhirnya anda akan tergoda untuk spend uang tersebut.

Maka dari itu, anda sebaiknya memisahkan antara rekening pribadi anda dan juga rekening untuk tabungan anda. Anggap uang tabungan anda bukan lagi milik anda sehingga anda tidak akan tergoda untuk menggunakannya.

Simak info terkait mengenai Jenis rekening bank tanpa biaya administrasi bulanan serta ulasan menarik lainnya tentang Daftar saldo mengendap dan minimal dalam rekening bank BCA,BRI, Mandiri

5. Cari pendapatan ekstra

Untuk pendapatan tetap anda, anda telah menyusun anggarannya untuk kebutuhan anda dalam sebulan penuh.

Agar anda semakin bergairah dalam menabung, anda dapat mencari penghasilan atau pendapatan tambahan. Misalnya, anda bisa menjadi freelancer content writer, pekerja paruh waktu pada restaurant, dan lain sebagainya.

Uang yang didapat dari pendapatan ekstra tadi dapat anda taruh separuhnya untuk bersenang-senang dan separuhnya untuk mempertebal rekening tabungan anda.

Dengan begini, kegiatan menabung menjadi kegiatan yang menyenangkan, kan? karena kita tidak terlalu tertekan dalam menjalankannya.

6. Tidak menyepelekan uang recehan

Ini merupakan poin yang terkadang banyak orang yang meremehkannya. Ketika anda mendapatkan kembalian dari belanja anda, maka anda sebaiknya anda menyimpan uang recehan anda tersebut.

Anda bisa mengumpulkan uang recehan yang anda miliki disebuah toples atau celengan. Siapa tahu, anda akan membutuhkan recehan tersebut dikemudian hari atau ketika anda mengalami kepepet.

Itulah beberapa cara dan tips bagi anda untuk selalu termotivasi dan tergerak untuk menabung. Pada dasarnya, semuanya akan terlaksana apabila anda memperbaiki niat ketika menabung dan konsisten dengan rencana apa yang anda buat. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.