Keuntungan dan kerugian belanja online dan offline

Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online Dengan Belanja Offline

By: Egy arisandi

Siapa sih yang jaman sekarang tidak suka berbelanja? Berbelanja pada jaman sekarang bukan hanya sekadar membeli kebutuhan yang harus dipenuhi tetapi juga untuk sebuah kesenangan bahkan hobi.

Apabila berbicara tentang belanja, maka hal tersebut bukanlah melulu tentang membeli perabotan rumah, elektronik, atau mungkin belanja barang bulanan. Masa sekarang, sesimpel berbelanja makanan pun menjadi “printilan” yang dianggap perlu dalam sehari-hari.

Kegiatan belanjapun kini semakin menjadi mengasyikkan karena kita bisa membeli sesuatu yang kita inginkan melalui online.

Dengan adanya sistem online, maka kita dapat memenuhi kebutuhan belanja kita dengan lebih praktis dan tidak perlu keluar rumah. Tetapi, mana sih yang lebih baik? Apakah berbelanja online dengan segala kemodernannya atau mungkin tetap berbelanja secara konvensional atau offline? Mana yang lebih menguntungkan?

Apabila anda ingin mengetahui tentang perbandingan dari keduanya maka anda berada pada artikel yang tepat. Berikut disajikan tentang perbandingan belanja online dan belanja offline!

Beberapa keuntungan dan kerugian belanja secara online

Ditinjau dari kelebihan yang dimiliki apabila kita berbelanja online, kelebihan-kelebihan tersebut antara lain:

1. Harga yang cenderung lebih murah

Usaha menguntungkan musim lebaran

Tentu bukan rahasia lagi bahwa kenyataannya membeli secara online kita dapat mendapatkan barang yang kita inginkan dengan harga yang terjangkau. Mengapa demikian?

Dengan sistem online, para penjual seakan lebih berani memasang harga yang relatif rendah untuk mendapatkan banyak pelanggan.

Selain itu, memonopoli harga di media daring juga susah dikarenakan kita sebagai pembeli bisa langsung mengecek apabila ditoko online lain ada harga yang lebih murah. Kemudian, apabila barang dijual secara online maka penjual tidak perlu menyewa kios untuk mendirikan barangnya dengan kata lain tidak perlu modal lebih untuk itu sehingga harga jual dapat ditekan.

2. Waktu yang fleksibel

Sedang istirahat kantor dan ingin membeli sepatu, alih alih berangkat ke mall kita bisa membuka marketplace online untuk mendapatkan sepatu yang kita inginkan.

Tentu hal ini menjadi sangat fleksibel untuk perkara waktu. Apalagi kini pembayaran belanja online bisa menggunakan kartu kredit! dan ini sungguh sangatlah timeless atau dengan kata lain amat fleksibel.

3. Barang yang Lebih Bervariasi

Jika kita berangkat ke toko secara langsung, bisa jadi pilihannya terbatas. Apabila ada variasi yang banyak pun, anda harus berpindah tempat sehingga memakan biaya, waktu, dan juga tenaga.

Berbeda dengan bila kita membeli barang secara online, variasi barang yang kita dapatkan bisa sangat banyak dan apabila berpindah toko dengan hanya sentuhan jari saja.

Tiada gading yang tak retak, maka berbelanja secara online pun memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan dalam berbelanja online antara lain adalah sebagai berikut:

1. Jeda waktu pembayaran dengan pengiriman barang

Meskipun anda telah melakukan pembayaran barang, tetapi barang juga membutuhkan waktu untuk diproses sehingga terdapat jeda atau rentang waktu menunggu bagi anda.

Memang terdapat toko online yang menerapkan proses Cash On Delivery (COD) yang artinya baru membayar ketika barang telah sampai ditempat. Tetapi, kebanyakan tetap membayar terlebih dahulu baru barang akan diproses.

2. Biaya Kirim

Keuntungan dan kerugian melakukan pinjaman pada bank

Karena sejatinya anda membeli secara online bisa di toko online di seluruh dunia, maka anda dikenakan biaya tambahan untuk biaya pengiriman.

Semakin jauh lokasi penjualan anda dengan alamat anda maka semakin mahal pula ongkos kirimnya. Biaya akan semakin mahal pula apabila barang yang anda beli berada di luar negeri.

3. Kemungkinan kerusakan barang

Hal ini bisa terjadi ketika barang anda sedang dikirim, tetapi meskipun anda dapat mendapatkan ganti barangnya kembali tetap saja hal tersebut memakan waktu yang semakin lama.

4. Rawan Penipuan

Meskipun belanja online sudah menjadi hal lazim dan banyak juga toko online terpercaya, bukan berarti tidak ada hal seperti penipuan dan semacamnya.

Masih saja terdapat oknum yang mengincar pembeli yang kurang cerdas dalam berbelanja online. Oleh karena itu anda harus berhati-hati jangan sampai tertipu, alih-alih mendapat harga yang murah anda malah mengalami kerugian karena telah tertipu.

5. Barang yang tidak sesuai ekspektasi

Terkadang, gambar yang kita lihat tidak sesuai dengan barang yang telah kita terima, Hal tersebut sering terjadi. Untuk menyiasati hal tersebut, sebelum membeli anda seharusnya meneliti terkait bahan material barang anda, ukuran. warna, dan lain sebagainya. Untuk memastikan, sebaiknya membeli barang yang sudah terdapat banyak testimoninya.

Baca ulasan terkait tentang tips mencari suplier tangan pertama untuk bisnis online serta informasi menarik lainnya mengenai contoh transaksi keuangan menggunakan e-payment

Keunggulan dan kelemahan berbelanja offline

Itu beberapa kelebihan dan kekurangan dari berbelanja secara online. Bagaimana dengan berbelanja secara offline atau langsung mendatangi tempat? apasajakah kelebihan dan kekurangannya? Kelebihan dari berbelanja offline adalah sebagai berikut:

1. Mengecek kualitas barang secara langsung

Cara bergabung menjalin kerjasama dengan indomaret

Berbeda dengan membeli secara online, membeli secara offline anda dapat memastikan barang apa yang ingin secara langsung sehingga anda tidak akan kecewa dikemudian hari apabila gambar tidak sama dengan barang aslinya seperti ketika membeli barang secara online.

2. Minim tertipu

Resiko tertipu ketika membeli secara offline lebih sedikit. Mengapa demikian? karena anda mendatangi toko tersebut dan memastikan barang yang akan anda beli.

3. Tidak terdapat kesalahan memesan

Salah penginputan atau pengiriman barang faktanya menjadi hal yang tergolong lazim ketika membeli secara online. Untungnya, apabila membeli barang secara offline hal seperti itu jarang terjadi.

Itulah beberapa kelebihan ketika anda berbelanja secara offline, lalu apasajakah kekurangannya? Kekurangan dari berbelanja offline antara lain adalah sebagai berikut:

1. Waktu yang kurang efektif

Apabila kita berbelanja secara offline, maka kita harus meluangkan waktu terlebih dahulu untuk sampai ke tempat tersebut. Juga, diperlukan waktu untuk menimbang ditempat tersebut apakah akhirnya jadi beli atau tidak. Tentu hal ini amat berbeda dengan belanja online yang dapat dilakukan di mana saja.

2. Jangkauan tempat yang terbatas

Dimisalkan anda akan membeli sepasang sepatu. Toko sepatu A berada di jalan A dan sedangkan toko B berada di toko B. Ini tentu akan menyusahkan anda karena tempat yang ada memiliki jangkauan yang terbatas.

Itulah perbandingan antara membeli barang secara online dan secara offline. Apabila ditanya manakah yang lebih baik sebenarnya itu kembali kepada diri kita sendiri, mana yang lebih tepat untuk kita? Jadi jawaban dari pertanyaan tersebut adalah relatif.

Dimanapun anda akhirnya memutuskan berbelanja, sebaiknya anda tetap berhati-hati dan tetap memperhatikan kondisi keuangan anda. Salam sukses!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.