Usaha sampingan yang tepat untuk karyawan

Beberapa Alasan Mengapa Sebaiknya Karyawan Memiliki Bisnis Sampingan

By: Egy arisandi

Siapa bilang anda harus banting setir meninggalkan pekerjaan utama anda untuk membuka bisnis anda sendiri? Anda dapat memiliki bisnis anda sendiri sembari anda tetap menjadi karyawan diperusahaan anda bekerja. Ya, bisnis tersebut adalah untuk bisnis sampingan anda.

Hitung-hitung, bisnis sampingan tersebut akan memberikan anda penghasilan tambahan. Terlepas dari apapun niatan anda dalam menjalankan bisnis sampingan, hal tersebut patut mendapatkan apresiasi.

Bekerja sebagai pegawai sembari menjalankan bisnis sampingan memiliki banyak manfaat yang akan anda rasakan. Bukan hanya pekara anda mendapatkan penghasilan tambahan, tetapi lebih dari itu.

Bisa jadi bisnis sampingan anda sukses besar dan anda dapat merekrut pegawai anda sendiri, menakjubkan sekali kan? Apabila anda menjalankan bisnis sampingan sembari anda bekerja, resiko pertama yang akan anda rasakan adalah kelelahan. Anda akan merasa lebih lelah dari biasanya. Hal ini adalah wajar, mengingat anda menjalankan dua pekerjaan dalam satu waktu.

Ada beberapa alasan mengapa anda sebaiknya mencoba peruntungan anda dalam berbisnis. Alasan-alasan yang perlu anda pertimbangkan untuk memiliki bisnis sampingan disamping anda bekerja sebagai karyawan antara lain adalah sebagai berikut:

1. Memiliki Penghasilan Tambahan

Poin ini seringkali menjadi alasan utama mengapa pada akhirnya seorang karyawan yang notabenenya banyak menghabiskan waktu bekerjanya dikantor mau melakukan bisnis sampingan.

Alasan tersebut adalah untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari penghasilan utamanya menjadi seorang karyawan atau pegawai. Karyawan membutuhkan penghasilan tambahan biasanya dikarenakan untuk mencukupi kebutuhan yang tidak tercover oleh gaji utama, hingga ingin memiliki kebebasan finansial sehingga dapat menjadi lebih mandiri.

Meskipun pada awal berdirinya usaha ini membuat anda terlihat tidak menghasilkan, dengan ketekunan dan keuletan maka niscaya anda akan memperoleh hasilnya.

Simak info selengkapnya tentang 10 ide usaha sampingan untuk karyawan dan ibu rumah tangga serta tips mengenai kunci sukses memulai usaha kuliner bagi pemula.

2. Membangun Jiwa Entrepreneurship

Apabila anda membangun usaha atau bisnis sampingan anda sendiri, maka secara tidak langsung anda akan membangun serta mengasah jiwa entrepreneurship anda.

Apabila anda memiliki jiwa kewirausahaan yang baik, otomatis kualitas hidup anda pun akan membaik, bukan hanya pada bisnis yang sedang anda kembangkan.

Sebagai contoh, anda akan menjadi orang yang mandiri, menjadi seorang perencana yang baik, memiliki manajemen resiko yang baik, dan pandai mengambil dan melihat peluang.

Selain itu anda juga akan tumbuh menjadi orang yang gigih dan tekun untuk mencapai suatu usaha. Memang, sifat-sifat yang telah disebutkan diatas dapat anda peroleh tanpa membangun sebuah bisnis. Tetapi, tetap saja, ekologi dalam bisnis akan membentuk anda berkarakter seperti itu dengan baik dan alami.

3. Menyalurkan Potensi Anda Secara Penuh

Mencapai sukses usaha dengan mudah

Apakah anda memiliki suatu bakat pada bidang tertentu? Atau mungkin anda memiliki passion dalam suatu hal? Apabila anda menjadi pebisnis, maka anda akan dapat mengeluarkan potensi anda yang anda miliki secara maksimal.

Mengapa demikian? karena anda akan mengendalikannya dengan waktu anda, serta anda dapat melakukan apapun yang ingin anda lakukan.

Di bidang usaha yang anda pilih, anda dapat mencurahkan secara maksimal baik kreativitas, tenaga, dan daya anda. Apabila itu anda lakukan, bukan hanya kemampuan anda yang makin berkembang, tentunya anda akan lebih bahagia karena kepuasan batin anda terpenuhi.

Anda dapat tetap menjadi karyawan sembari mengelola bisnis sampingan anda tumbuh. Apabila nantinya ternyata bisnis anda telah berkembang pesat, anda bisa meninggalkan pekerjaan anda sebagai karyawan dan mulai fokus terhadap bisnis anda sendiri.

4. Bisnis Sampingan Lebih Mudah untuk Dijalankan

Mengapa bisa demikian? tentu saja karena anda yang sepenuhnya menjalankannya. Berbeda dengan pekerjaan anda dikantor, yang mana anda harus tunduk dan patuh terhadap peraturan dan apa yang dikatakan atasan anda. Waktunya pun lebih fleksibel sehingga anda merasa lebih ringan.

Jika anda bisa konsisten dan tekun, tentu saja pekerjaan sampingan ini akan memberi banyak keuntungan untuk anda. Yang perlu anda ketahui, bisnis besar sekalipun dimulai dari bisnis yang kecil dan sederhana. Maka dari itu, sebaiknya anda tidak perlu ragu, malu, dan harus bersemangat dalam menjalankan bisnis sampingan anda.

Itulah beberapa alasan mengapa anda harus memulai membuka bisnis sampingan anda disamping pekerjaan utama anda sebagai karyawan kantor. Sangat banyak manfaat dan benefit yang akan anda dapatkan, jadi apakah anda masih ragu untuk membuka bisnis sampingan anda?

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.