Mencapai sukses usaha dengan mudah

Ingin Menjadi Pengusaha Sukses? Pastikan Kamu Cukup Menguasai 4 Hal Ini

By: Egy arisandi

Disuatu forum perkuliahan, dosen menanyakan terkait pekerjaan impian dari mahasiswa-mahasiswanya. Banyak sekali para pemuda yang ingin menjadi pengusaha dibandingkan menjadi PNS, tenaga pengajar, atau para ahli. Ternyata, pekerjaan menjadi pengusaha sangat terkenal dikalangan mahasiswa di hampir seluruh jurusan.

Hal ini wajar mengingat bahwa menjadi seorang pengusaha itu membuat kita menjadi “bos” pada perusahaan kita sendiri dan juga kita bisa meraih kebebasan finansial.

Menjadi seorang pengusaha juga memungkinkan kita bekerja dengan waktu yang fleksibel. Ini sangat sejalan dengan jiwa pemuda yang suka akan kebebasan.

Cerita cerita pengusaha atau pebisnis sukses pun menjadi daya tarik tersendiri yang membuat banyak orang semakin ingin berprofesi menjadi pengusaha. Dari mulai memiliki omset jutaan perharinya hingga kekayaannya yang membuatnya menjadi seseorang yang tajir melintir.

Sayangnya, pada kenyataannya juga banyak para pengusaha yang mengalami kegagalan dalam bisnisnya sehingga harus menutup usahanya atau yang lebih parah, terjerat dalam lembah hutang.

Adanya kegagalan dalam berbisnis sebaiknya tidak membuat kalian para kaum pemuda menjadi menyerah dan memutuskan mengambil jalur aman, ya. Sebaliknya, kisah-kisah yang berbau kegagalan tersebut sebaiknya menjadi pelajaran yang bisa dipetik dan membuat kamu semakin mengasah skill dalam dunia bisnis itu.

4 Faktor penting yang harus dipahami agar bisa menjadi pengusaha sukses

Berikut akan dibeberkan beberapa skill atau kemampuan yang sebaiknya kamu asah mulai dari sekarang. Hal ini bertujuan supaya ketika sudah mulai terjun didunia bisnis nantinya, kamu akan semakin siap dalam menghadapi lika-liku didunia bisnis. Skill tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Kepemimpinan atau Leadership

Doa dan tips sukses agar diterima melamar kerja pada perusahaan besar

Skill kepemimpinan atau leadership ini diletakkan pada urutan pertama karena hukumnya sangat wajib bagi kamu yang akan menjadi pelaku bisnis.

Bagaimana tidak? Kamu akan menjadi pemimpin sekaligus bos untuk karyawan-karyawan kamu nantinya. Maka, skill kepemimpinan haruslah kamu asah dengan baik. Tanpa memiliki kemampuan ini, rasanya akan mustahil bagi kamu untuk mencapai puncak dari karir kamu.

Lalu darimana kita dapatkan untuk mengasah skill kepemimpinan? Kabar baiknya adalah dengan kemudahan teknologi jaman sekarang kamu dapat mengasah skill kamu dengan mudah.

Baik melalui buku dan artikel-artikel, mengikuti kursus atau pelatihan, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa mengasah skill kepemimpinan kamu di bangku kuliah dengan mengetuai organisasi atau komunitas.

2. Komunikasi

Poin berikutnya yang perlu kamu asah adalah kemampuanmu dalam berkomunikasi. Mengapa penting? karena nantinya usaha kamu pun akan berhubungan dengan konsumen dan juga banyak orang.

Dalam berdirinya usaha, kamu membutuhkan banyak relasi untuk mendukung usahamu. Tidak berhenti dari itu, bahkan dalam perekrutan karyawan pun dibutuhkan teknik komunikasi yang baik sehingga tujuan perusahaanmu akan tercapai.

Bayangkan bila skill komunikasimu buruk? apakah yang terjadi? tentunya akan menjadi hambatan bagi bisnismu untuk berkembang.

Lalu pertanyaannya adalah, bagaimana cara mengasah skill berkomunikasi yang baik? Sebagai awalan, kamu perlu membiasakan diri menjadi orang yang ramah, ikut berbagai komunitas, dan memperluas jaringan teman.

Dengan begitu sedikit demi sedikit skill berkomunikasi kamu akan bertambah. Dan tidak berhenti dari situ saja, kamu perlu membaca teori teori dan ilmu komunikasi yang baik. Kamu juga bisa menonton video tutorialnya di youtube dan di sosial media lainnya.

3. Hukum

Loh? Kan saya tidak bisnis di bidang biro hukum? kok saya harus memiliki skill ini? Tenang, disini kamu gak perlu memiliki skill secara mendalam layaknya pengacara atau jaksa kok. Tetapi kamu harus mengerti segala dasar hukum yang ada, dalam hal ini yang berkaitan dengan bisnis kamu.

Setelah mengetahui dan mempelajari hukum, maka kamu tidak akan terjebak dan terbelit kasus yang berhubungan dengan hukum dikemudian hari seperti perizinan dan lainnya. Juga, dengan mengerti hukum dengan baik, kamu dapat melindungi ciri khas produkmu, label, kualitas, dan segala hal yang berkaitan dengan usahamu.

Simak juga info terkait tentang perbedaan identitas produk dan pengertian brand menurut ahli serta ulasan menarik lainnya mengenai jenis jenis dokumen perizinan usaha atau surat surat mendirikan usaha.

4. Kemauan terus belajar

Ini merupakan poin yang sangat penting bagi setiap pebisnis maupun orang yang mau berbisnis. Mengapa? karena apabila kita adalah orang yang kaku dan tidak mau belajar, kita tidak akan kuat menghadapi lika-liku dunia bisnis yang sangat tidak bisa diprediksi arahnya.

Kemauan terus belajar mengandung sikap pula bagi kamu untuk menjadi orang yang fleksibel, tidak mudah menyerah, dan pesimis. Kamu harus mengembangkan sikap ini dengan cara selalu curious, mendengarkan orang lain dengan baik, dan tidak merasa paling hebat dan pkamui.

Itulah beberapa skill yang perlu kamu asah apabila kamu ingin menjadi pebisnis atau pengusaha suatu saat nanti. Apakah kamu sudah melakukan semua poinnya?

Jika belum, tidak ada salahnya melakukan saran diatas demi kesiapan diri kamu ketika akan memulai bisnis selepas kuliah nanti. Salam sukses!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.