Cara menemukan peluang bisnis di sekitar kita

Strategi Menemukan Peluang Usaha yang Potensial Disekitar Kita

By: Egy arisandi

Munculnya para pebisnis sukses yang menggeluti usaha di bidang yang telah ada sebelumnya seringkali membuat kita terperangah akan kemampuannya.

Omzet miliaran serta cabang yang ada di mana mana tidak jarang membuat kita tergiur untuk turut mengikutinya. Kita seringkali mengira bahwa apa yang ia raih itu adalah hasil dari ide ide cemerlangnya.

Namun sesungguhnya jika kita cermat, bisnis yang sudah ada pun bisa kita jadikan sebagai inspirasi untuk membuka usaha baru dengan sedikit modifikasi di dalamnya. Umumnya para pebisnis yang handal mampu melihat peluang peluang kecil untuk menciptakan sebuah usaha yang menguntungkan. Inilah yang seringkali membedakan antara pebisnis original dan abal bal.

Siapa yang tidak tahu dengan Walt Disney. Mayoritas orang di seluruh dunia mengenal orang ini. Ya, dia adalah pendiri dan penemu dari Disneyland yang dari awal kemunculannya hingga saat ini tetap eksis di dunia bisnis hiburan.

Awal mula Walt Disney  membangun bisnisnya ini dikarenakan ia berlibur ke Tivoli Gardens. Ia melihat betapa indahnya taman bermain kuno Eropa tersebut. Hingga akhirnya  ia terinsipirasi untuk membangun tempat yang sama seperti itu di Amerika.

Yang hingga sampai saat ini tetap dikenal oleh masyarakat Amerika bahkan dunia. Keberhasilannya ini memang berawal dari hal hal yang sederhana yang ternyata memberikan dampak yang luar biasa. Ia bermoto bahwa “ Jika kau bisa memimpikannya, maka kau bisa membuatnya.” Inilah yang mendorong Walt Disney untuk membuat taman hiburan tersebut yang sekarang tidak hanya ada di Amerika saja bahkan di Eropa dan Asia juga ada.

Tak perlu berkecil hati atau merasa kurang percaya diri dengan ide yang anda miliki. Anda bisa coba mengikuti moto dari Walt Disney tersebut. karena tanpa anda mencobanya, anda tidak akan tahu bagaimana hasilnya. Untuk itu berikut ini kami berikan beberapa contoh ide ide menarik yang sebenarnya sudah ada di sekitar anda. Simak ulasannya.

Cara Melihat Peluang Usaha dari Kehidupan Sendiri

Ide ide yang menarik sebenarnya bisa anda temukan dari pengalaman hidup anda sendiri. Karena pengalaman adalah guru yang terbaik. Jadi anda bisa mendapatkannya dari apa yang telah anda lalui sebelumnya. Berikut ini contohnya:

1. Ide dari Masalah yang Sering Dialami

Bahkan dari berbagai masalah yang pernah anda alami pun bisa menghasilkan berbagai ide yang cemerlang jika anda jeli. Ketika mendapatkan suatu masalah pastinya anda mencari solusinya bukan.

Nah, dari solusi inilah tak jarang menghasilkan sebuah peluang bisnis yang sangat luar biasa. Misalnya ketika anda kesulitan dalam mengatur dan menghitung pengeluaran, maka anda bisa membuat sebuah aplikasi yang bisa membantu anda dalam menyelesaikan masalah tersebut.

2. Ide dari Keahlian

Sangat banyak kita temui orang orang yang memiliki kemampuan luar biasa di dunia ini. Salah satunya adalah Bill Gates. Berawal dari kesukaannya mengutak atik komputer hingga akhirnya ia mampu menciptakan sebuah program yang luar biasa yang telah digunakan oleh seluruh masyarakat di dunia.

Bahkan ia tercatat sebagai salah satu orang terkaya dan berpengaruh di dunia. Ini memang sebuah pencapaian yang luar biasa, yang sebelumnya tak pernah ia prediksi.

3. Ide dari Hobi

Menghasilkan uang dari hobi

Hobi merupakan sebuah kesenangan yang kita lakukan berulang kali. Walaupun hampir setiap hari kita lakukan, tidak akan pernah merasa bosan.

Inilah yang dinamakan dengan hobi. Perlu anda tahu bahwa hobi merupakan salah satu faktor penting dalam menciptakan peluang usaha yang cemerlang.

Tidak jarang dari hobi inilah orang orang mendapatkan keuntungan yang luar biasa yang bahkan melebihi dari pekerjaannya. Tidak heran jika saat ini usaha usaha yang berwal dari hobi pun banyak sekali bermunculan, dan dari waktu ke waktu kian banyak.

Misalnya saja seorang gamer, berawal dari hobinya bermain game online yang menurut banyak orang menyita waktu dan tenaga justru malah menjadi ladang rejeki bagi dirinya. Hingga pendapatannya pun mampu mengalahkan orang orang yang bekerja di kantor. Pekerjaan seperti ini tentu saja sangat menyenangkan karena pelakunya tidak akan merasa terbebani akan apa yang dia lakukan.

Baca juga ulasan tentang inspirasi peluang usaha dengan modal kecil serta artikel menarik lainnya mengenai tips mendirikan usaha warung kopi (coffe shop) sederhana.

Cara Melihat Peluang Usaha dari LingkunganSekitar

Tidak sedikit orang orang merasa pesimis dengan idenya sendiri. Bahkan ada yang berpikiran bahwa ia tak punya ide sama sekali.

Sebaiknya anda lihat orang orang dan lingkungan di sekitar anda, anda bisa menemukan banyak ide menarik yang mungkin tidak bisa orang lain dapatkan.

Dari apa yang dibutuhkan oleh banyak orang, anda bisa menciptakan sebuah peluang bisnis untuk anda tekuni. Ini bukan mustahil tapi real untuk dilakukan. Berikut ini kami berikan beberapa cara menemukan ide dari lingkungan sekitar.

1. Bertemu dengan Banyak Orang

Kunci meraih sukses bisnis dan wirausaha

Setiap hari pastinya anda sudah melakukannya bukan. Namun anda sendiri kurang sadar bahwa dengan lebih sering bertemu dengan orang dan bertukar pikiran dengan mereka, anda bisa menemukan peluang bisnis yang tidak terduga.

Dari berbagai topic pembicaraan yang anda lakukan bisa juga menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Jadi yang anda perlukan saat ini hanyalah jeli dengan lingkungan sekitar.

2. Lihat Bagaimana Pebisnis Lain Menemukan Ide

Menjalankan bisnis rumahan dengan omzet besar

Bisnis tidak hanya dihasilkan dari sesuatu yang baru, dari hal hal yang telah adapun sesungguhnya bisa anda dapatkan dan anda bangun menjadi sebuah bisnis.

Dengan melihat, meniru dan memodifikasi bisnis yang telah ada, bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan sebuah bisnis yang menjanjikan.

Misalnya anda bertempat tinggal di daerah tempat wisata, maka anda bisa mencoba bisnis oleh oleh dengan melihat berbagai potensi kuliner apa yang mungkin bisa laku di sana.

Dari para pebisnis yang sudah ada pun anda bisa membuka bisnis yang sama dengan memberikan sedikit modifikasi pada produk yang akan anda jual, entah dari kemasan, varian rasa, ataupun harga.

3. Mengamati Problem Lingkungan

Dengan mengamati berbagai permasalahan yang ada di lingkungan sekitar anda pun sesungguhnya bisa dijadikan sebuah inspirasi dan ide bisnis yang menggiurkan.

Contohnya saja jika di daerah tempat tinggal anda masih jarang yang menjual tabung gas, maka anda bisa mencoba melakukannya dengan mendatangkan beberapa tabung gas tersebut. Jika prospeknya menjanjikan maka anda bisa menambah jumlah barang yang anda jual.

Kehadiran toko atau agen tabung gas sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat mengingat saat ini stock dan harganya yang sudah relative mahal tentu saja akan membuat mereka memburunya. Terlebih lagi bagi mereka yang tinggal di daerah yang jauh dari pusat kota.

Sudah barang pasti akan kesulitan mendapatkan stock tabung gas. Sebenarnya ide ide yang cemerlang bisa datang dari berbagai sumber dan permasalahan. Namun problemnya kita seringkali tidak menyadari hal itu dan mengabaikannya serta memandangnya sebagai suatu yang sepele.

Menemukan sebuah peluang bisnis baru merupakan suatu hal yang sangat menguntungkan. Karena kesempatan baik tidak akan datang dua kali. Maka manfaatkanlah apa yang ada dengan sebaik baiknya untuk mendatangkan keuntungan bagi anda.

Dari berbagai ide yang anda temukan bisa anda catat dan analisis. Ide ide mana saja yang bisa menguntungkan dan memiliki prospek yang bagus.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.