Cara Transfer uang melalui ATM beda Bank

Transfer Uang Beda Bank Menggunakan ATM Beserta Daftar Kode Bank

By: Egy arisandi

Apabila anda akan melakukan transfer yang berbeda bank dalam hal ini antar bank melalui ATM misalnya bank BCA, BRI, Mandiri, BNI, dan lain sebagainya maka anda harus mempergunakan kode bank sebelum kemudian anda menginput rekening bank tujuan anda.

Misalnya anda adalah nasabah bank BCA, yang juga difasilitasi oleh kartu ATM untuk mempermudah transaksi anda yang mana dalam kartu ATM bank BCA terdapat minimal transfer yakni sebesar 10 ribu rupiah.

Bukan hanya fasilitas ATM, para nasabah juga dapat menggunakan fasilitas transfer melalui sms banking (tetapi anda harus terlebih dahulu mendaftarkannya pada kantor cabang) dan juga internet banking (yang dilengkapi dan harus mempunyai keybca).

Meskipun fasilitas untuk transfer cukup beragam, tetapi yang paling sering digunakan adalah fasilitas transfer melalui ATM.

Apabila anda ingin mentransfer dengan sesama bank BCA maka hal tersebut sudah wajar dan biasa, tetapi kadang para nasabah agak sedikit mengalami kebingungan atau kesulitan saat akan melakukan transfer kepada bank yang berbeda.

Misalnya nasabah ingin melakukan transfer ke rekening Mandiri, maka diperlukan kode bank untuk melanjutkan proses transfer.

Kode Bank untuk transfer dari ATM BCA KE BNI, BRI, dan MANDIRI

Sebelum anda melanjutkan proses anda untuk mentransfer, maka anda sebaiknya memastikan terlebih dahulu saldo uang anda apakah nominalnya mencukupi ataukah tidak. Mengapa demikian? hal ini dikarenakan transfer antar bank dari ATM BCA akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp.5000 tidak perduli berapapun nominal yang akan anda transfer.

Sebagai contoh anda akan melakukan transfer ke nomor rekening bank BNI dari ATM BCA maka anda perlu terlebih dahulu menginput kode bank BNI sebelum mengetikkan nomor rekening tujuan.

Misal anda akan melakukan transfer uang ke rekening BNI dengan nomor (121677992) maka saat anda menginput nomor tujuan tersebut, angka awalnya harus ditambahkan 009. Maka nomor yang anda input akan menjadi : 009121677992

Langkah selanjutnya adalah anda kemudian memasukkan jumlah uang yang akan anda transferkan. Anda sebaiknya juga memperhatikan atas nama yang tertera dari pemilik nomor rekening tersebut agar tidak salah tujuan.

Apabila telah sesuai, langkah berikutnya adalah anda dapat mengikuti instruksi yang ada pada layar untuk melanjutkan transfer tersebut.

Kemudian proses ini akan secara otomatis memotong saldo anda dan kemudian pada hitungan detik saja uang yang anda kirim sudah masuk pada nomor rekening tujuan yang telah anda kirimkan.

Umumnya, kode bank terdiri atas tiga digit angka yang harus diinput sebelum anda memasukkan nomor rekening tujuan anda. Berikut adalah list kode bank yang ada pada Indonesia:

KODE TRASNFER BANK:

  1. Kode Bank BCA : 014
  2. Kode Bank Mandiri : 008
  3. Kode Bank BRI : 002
  4. Kode Bank BNI : 009
  5. Kode Bank Danamon : 011
  6. Kode Bank Mandiri Syariah  : 451
  7. Kode Bank Permata : 013
  8. Kode Bank BTN : 200
  9. Kode Bank Muamalat : 147
  10. Kode Bank CIMB Niaga : 022
  11. Kode Bank BRI Syariah : 422
  12. Kode Bank Bukopin : 441
  13. Kode Bank Sinarmas : 153
  14. Kode Bank Jatim : 114
  15. Kode Bank Panin : 019

Sejatinya sistem bank akan melakukan penolakan secara otomatis apabila anda salah menginput kode bank khususnya dalam hal ini trasnfer. Maka dalam hal ini justru berbahaya apabila anda tidak memperhatikan nama yang tertera atas nomor rekening tujan anda karena hal ini dapat berakibat salah tujuan dalam transfer.

Simak juga ulasan terkait mengenai untung dan rugi menyimpan uang di rekening bank serta artikel menarik lainnya tentang pengertian rekening giro dan gunanya untuk bisnis.

Besarnya biaya transfer ATM dari bank yang berbeda

Tarif atau biaya administrasi transaksi transfer berbeda bank melalui ATM memiliki perbedaan pada setiap kebijakan yang digunakan pada setiap bank dan dapat berubah-ubah setiap waktunya.

Sebenarnya melakukan transfer antar bank berbeda akan lebih gampang apabila dilakukan melalui ATM dengan catatan bahwa bank tujuan anda tersebut masuk pada jaringan ATM bersama seperti Link, Prima, dan Cirrus.

Saat ini jaringan ATM bersama telah memiliki anggota sebanyak kira-kira 80 bank. Untuk jaringan Prima sendiri, anggotanya kurang lebih adalah 50 bank sehingga hal ini cukup memudahkan nasabah untuk melakukan transfer atau mesin ATM bank lain.

Beberapa bank yang masuk dalam keanggotaan ATM bersama antara lain: BNI, Mandiri, BCA, CIMB Niaga, dan lain-lain. Berikut akan dituliskan tentang daftar tarif atau biaya administrasi transfer pada bank yang berbeda melalui mesin ATM:

UNTUK PEMEGANG KARTU ATM BCA

Bagi anda nasabah dari bank yang merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia, maka tidak mengherankan apabila fasilitas ATM BCA ini banyak tersedia dimana mana.

Untuk biaya transfer sendiri adalah sebesar 6500 untuk bank yang telah tergabung pada jaringan prima seperti BNI, BRI, CIMB Niaga dan lain sebagainya. Tarif tersebut dikenakan untuk setiap kali transaksi.

BAGI NASABAH PEMEGANG KARTU ATM MANDIRI

Selanjutnya adalah Bank Mandiri. Salah satu bank terbesar di Indonesia yang banyak diminati untuk digunakan oleh masyarakat untuk mengelola keuangannya.

Mesin ATM Mandiri sendiri pun banyak sekali ditemui dimanapun. Untuk tarif melakukan transfer antar bank melalui jaringan ATM bersama, misalnya Prima dan Link seperti ke BCA, BRI, BNI dan lain sebagainya besaran tarifnya adalah 3500 untuk setiap kali transaksi.

UNTUK PEMEGANG KARTU ATM BRI

Berikuttnya adalah bank yang tidak kalah terkenal dengan bank-bank diatas, yakni bank BRI. Bank yang memiliki kependekan dari Bank Rakyat Indonesia ini memiliki ATM yang tersedia banyak sekali dimana-mana bahkan banyak terdapat dipelosok.

Sama seperti diatas, bahwa bank yang terhubung melalui jaringan prima dan ATM bersama seperti bank BRI ke BCA, Mandiri, BNI, CIMB Niaga dan lain sebagainya, besaran tarif yang dikenakan adalah 6500.

UNTUK NASABAH PEMEGANG KARTU ATM BNI

Yang mungkin banyak orang tidak tahu adalah, bank BNI masuk kedalam jaringan ATM bersama dan juga Link. Tarif yang dikenakan untuk transfer berbeda bank untuk bank BNI ke bank lainnya adalah sebesar 5000.

Itulah beberapa contoh tarif yang dikenakan untuk setiap kali transfer berbeda bank. Yang perlu diperhatikan adalah, tarif tersebut berlaku melalui ATM dan untuk transfer baik melalui mobile banking atau internet banking memiliki transfer tersendiri untuk transfernya. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.