Cara mencari lowongan pekerjaan

Cara Cerdas Menemukan Lowongan Pekerjaan Yang Sesuai Dengan Keinginan

By: Egy arisandi

Ketika rekan anda diterima di suatu perusahaan, pernahkah anda berfikir, darimanakah ia mendapatkan lowongan pekerjaan tersebut? Pernahkah anda bertanya-tanya bagaimanakah orang-orang bisa bekerja ditempat pekerjaan impiannya? Jika pertanyaan tersebut yang menganggu anda, maka anda berada pada artikel yang tepat.

Ada banyak orang yang ingin bekerja ditempat yang diinginkan dan sesuai dengan apa yang diharapkan tetapi pengetahuan mengenai bagaimana cara menemukan lowongan pekerjaan tersebut sendiri masih sangat minim.

Masih banyak orang yang kebingungan bagimana caranya agar tahu ketika suatu perusahaan sedang membuka perekrutan karyawan yang baru.

Lalu bagaimanakah caranya agar dapat info suatu lapangan atau lowongan pekerjaan? caranya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Memperluas relasi pertemanan anda

Manfaat membangun relasi dalam bisnis

Ketika anda memiliki banyak jaringan pertemanan dari berbagai kalangan, maka informasi lowongan pekerjaan pun tentunya akan sangat banyak. Biasanya lowongan pekerjaan pun tidak mengadakan rekruitmen secara terbuka melainkan melalui orang terdekatnya atau secara mulut ke mulut.

Inilah mengapa relasi yang luas akan mempermudah anda untuk mendapatkan pekerjaan. Maka dari itu, jangan segan segan untuk berteman dengan siapapun dan terus menjalin silahturahmi yang ada.

Mempunyai relasi pertemanan yang luas bukan hanya memudahkan anda mendapatkan info terkait lowongan pekerjaan. Lebih dari itu, ini akan memudahkan anda ketika anda memutuskan untuk berbisnis.

Relasi yang luas bisa anda jadikan sebagai partner bisnis anda atau untuk sekedar membantu meramaikan promosi bisnis anda. Simak juga ulasan lengkap mengenai manfaat memiliki banyak relasi untuk bisnis.

2. Mengikuti Job Fair

Sukses mengikuti job fair agar mendapat kerja

Cara selanjutnya bagi anda untuk menemukan lowongan pekerjaan adalah dengan cara mengikuti job fair. Dalam acara job fair, anda akan melihat banyak pilihan perusahaan yang mana membuka stand untuk menarik calon anggota baru perusahaan.

Konsep yang umum digunakan pada suatu jobfair adalah dengan meletakkan curriculum vitae. Dengan cara tersebut, para pelamar diwajibkan memberikan CV yang telah dibuatnya di stand perusahaan yang terdapat pada jobfair.

3. Mencari lowongan pekerjaan di koran

Meski cara ini terkesan tradisional, tetapi tidak salahnya untuk anda lakukan. Anda dapat mencari lapangan pekerjaan yang tersedia di koran.

Biasanya, lowongan pekerjaan akan ada di iklan kolom suatu koran. Anda dapat mencari lowongan pekerjaan yang tepat dengan kemauan serta kemampuan yang anda miliki dan dibutuhkan oleh perusahaan tempat anda mendaftar pekerjaan.

4.  Situs Lowongan Pekerjaan secara online

Kini jaman telah modern maka mencari lowongan pekerjaan pun bisa dilakukan secara online. Saat ini banyak sekali situs situs yang mana menemukan antara para pencari pekerjaan dan perusahaan yang membutuhkan karyawan baru untuk ditempatkan pada perusahaannya.

Ketika mendaftar pekerjaan disuatu situs secara online, anda umumnya tidak perlu mengirimkan hardcopy melainkan hanya membutuhkan pengiriman CV melalui email.

Mencari lowongan pekerjaan secara online umumnya tidak terlalu berbeda dengan mencari pekerjaan langsung tetapi yang perlu anda ingat probabilitas saingan anda bisa saja lebih tinggi sehingga sebaiknya anda membuat suatu CV yang menarik.

Kelebihan ketika anda mencari pekerjaan secara online disebuah situs lowongan pekerjaan adalah anda bisa melakukan filter terkait jenis pekerjaan apa yang anda mau, spesifikasi atau kualifikasi gaji perusahaan seperti apa, dan lain sebagainya.

Baca juga info mengenai kelengkapan untuk melamar pekerjaan di perusahaan besar

5. Media sosial

Cara berikutnya yang bisa kami sarankan untuk anda yang mencari lowongan pekerjaan adalah dengan memanfaatkan sosial media anda. Misalnya, facebook, twitter, instagram, dan masih banyak lagi. Di instagram misalnya, anda bisa memanfaatkan fitur tagar untuk mencari lowongan misalnya dengan keyword:

#lowonganpekerjaanmalang #lowonganpekerjaansby dan lain sebagainya. Anda juga bisa mencari akun akun media sosial yang berfokus untuk menyebarkan informasi terkait lowongan pekerjaan yang ada.

Memanfaatkan media sosial juga memungkinkan mendapatkan informasi ketika teman anda menyebarkan informasi lowongan pekerjaan di lini masanya.

Itulah beberapa cara yang dapat anda tempuh untuk mendapatkan lowongan pekerjaan. Satu kata kunci dari semua tips yang dituliskan diatas adalah proaktif. Anda harus proaktif dalam menjemput lowongan pekerjaan dan bukannya hanya berpangku tangan menunggu lowongan pekerjaan tersebut hadir menjemput anda.

Semoga artikel ini dapat memberikan anda manfaat, ya! Salam sukses dan semoga anda segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan anda.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.