Solusi lupa PIN ATM

Cara Mengatasi Lupa Nomor PIN Kartu ATM BCA, BRI, Mandiri, Mega, Danamon

By: Egy arisandi

Ketika anda lupa dengan nomor pin kartu ATM bank BCA, BRI, Mandiri, BNI, dan bagaimana cara paling aman menghindari resiko di blokir karena salah memasukkan PIN atau bahkan hal ini juga bisa memicu kartu anda tertelan oleh mesin ATM.

Semua pemegang rekening tabungan pada umumnya sudah disertakan dengan kepemilikan kartu ATM sebagai alat transaksi finansialnya mulai dari tarik tunai, transfer, setor tunai, juga sekaligus dapat digunakan sebagai transaksi pembayaran tagihan.

Sampi pada saat ini banyak juga nasabah bank yang memiliki kartu ATM lebih dari satu sehingga mereka seringkali kurang memperhatikan bagaiman cara mengamankan atau membuat nomor PIN yang paling mudah untuk di ingat.

Sehingga tidak jarang pula setibanya di depan mesin ATM justru lupa dengan nomor PIN yang seharusnya di tekan, jika sudah begini maka resiko kartu terblokir adalah hal paling fatal yang harus di terima nasabah.

Hanya ada satu cara apabila anda lupa dengan Nomor PIN Kartu ATM BCA, BRI, Mandiri, Mega, Danamon

Apabila anda merasa ragu dengan nomor PIN atm, maka sebaiknya jangan sampai memasukkan PIN dengan kesalahan lebih dari 2x.

Sistem pada semua mesin ATM telah dirancang untuk memberikan batas maksimal memasukkan pin atm sebanyak 3 kali dan selebihnya apabila tetap salah maka resikonya kartu anda akan diblokir.

Situasi kartu ATM diblokir ataupun tertelan, maka hanya ada satu solusi yang bisa anda tempuh yaitu dengan melaporkan kepada CS bank yang bersangkutan.

Hal ini juga berlaku pada situasi ketika anda lupa PIN ATM, dari pada menunggu kartu anda diblokir maka akan lebih baik segera melapor saja kepada CS bank untuk menyampaikan persoalan yang anda hadapi.

Baca juga ulasan terkait tentang mengatasi kartu ATM di tolak mesin (tidak terbaca) serta artikel menarik lainnya mengenai cara melakukan transfer uang ke bank berbeda dengan ATM.

Syarat yang wajib anda penuhi ketika melaporkan permasalahan ini adalah:

  • Identitas diri KTP atau SIM yang masih berlaku
  • Buku tabungan
  • Kartu ATM yang bersangkutan

Setelah anda melaporkan secara langsung kemudian pihak bank akan melakukan tindakan keamanan dengan cara verifikasi ulang dengan mengajukan pertanyaan seperti nama gadis ibu kandung serta tanda tangan yang sesuai dengan waktu registrasi membuka rekening bank.

Setiap kantor perbankan memiliki kebijakan yang tidak sama perihal berapa biaya ganti ATM atau pengurusan membuka blokir ATM yang lupa nomor PIN nya.

Tips paling sederhana supaya anda tidak lupa dengan PIN ATM adalah di anjurkan agar membuat kombinasi angka yang paling mudah anda ingat namun sulit untuk ditebak oleh orang lain dan sebaiknya pula hanya merubah sedikit saja kombinasi PIN untuk kartu ATM lainnya.

Tidak disarankan bagi nasabah untuk mencatat nomor PIN di kertas atau dalam perangkat apapun yang memiliki resiko dapat ditemukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan tentunya hal ini cukup beresiko merugikan anda.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.