Doa dan tips sukses agar diterima melamar kerja pada perusahaan besar

Tips Agar Cepat Diterima Saat Melamar Kerja Di Perusahaan Besar

By: Egy arisandi

Selain doa, tentunya anda harus memiliki strategi yang jitu agar cepat diterima ketika melamar kerja pada sebuah perusahaan besar yang anda idamkan.

Bagaiamana cara anda bisa diterima bekerja? Pertanyaan ini pastinya sudah sering anda dengar saat sedang merencakanan akan melamar pekerjaan.

Saat ini mencari pekerjaan bukanlah perkara yang mudah mengingat setiap tahunnya lulusan dari sarjana jumlahnya semakin meningkat belum lagi ditambah dengan lulusan SMA dan SMP yang tentunya juga tidak kalah banyaknya.

Perlu anda ketahui bahwa lowongan perkejaan yang ada tidak sebanyak dari lulusan yang ada, tidak heran jika masing-masing dari mereka harus bersaing demi bisa mendapatkan pekerjaan.

Dan tidak jarang pula mereka yang tidak berhasil harus rela mencari pekerjaan lain, parahnya lagi mereka yang tidak memiliki kompetensi dan kemampuan harus rela untuk menganggur karena tidak memenuhi kriteria.

Oleh sebab itu saat ini jumlah pengangguran dari tahun ke tahun semakin meningkat karena adanya lowongan pekerjaan tidak mampu menampung semua pelamar yang ada.

Akhirnya hal ini menimbulkan problem baru yang menjadi bagian dari urusan pemerintah yang harus segera diselesaikan. Karena hal ini merupakan salah satu tolok ukur kesejahteraan suatu negara. Semakin banyak jumlah pengangguran suatu negara maka tingkat kesejahteraan masyarakat suatu negara semakin rendah.

Anda tentunya memiliki keinginan untuk bekerja di perusahaan atau tempat- tempat yang memang sangat diminati, seperti halnya:

  • Perusahaan IT seperti google, facebook, dan lain sebagainya
  • Perbankan seperti Bank BCA, Mandiri, BRI, BNI dan lain sebagainya
  • Serta perusahaan swasta seperti hotel, KFC, MacD, Indomart, Alfamart, dan sebagainya

Untuk itu berikut ini kami berikan beberapa tips untuk melamar pekerjaan.

Tips membuat dan memasukkan lamaran pekerjaan

Proses melamar kerja dan penyaringan atau seleksi pelamar saat ini sudah sangat bervariasi metodenya, tentunya dari tahun ke tahun akan semakin sulit untuk dilakukan karena menggunakan teknologi yang canggih serta penetapan kriteria pekerja yang tinggi.

Tidak heran jika saat ini masyarakat berlomba-lomba untuk melakukan pelatihan demi untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan diri sehingga bisa menyesuaikan dengan kriteria dari perusahaan yang mereka inginkan.

Dengan begitu maka mereka yang tidak memiliki kompetensi tambahan akan tersingkir dan harus rela mencari kerja di tempat lain.

Tips cerdas membuat surat lamaran kerja:

  • Bacalah peraturan yang ditetapkan, dan pastikan bahwa anda telah memiliki kompetensi atau sesuai dengan kriteria yang diminta oleh perusahaan.
  • Kumpulkan sebanyak-banyaknya informasi terkait tempat dimana anda akan bekerja.
  • Persiapkan diri anda dengan memanfaatkan waktu yang ada sebelum hari H. Dan buatlah surat lamaran beserta CV nya yang baik dan menarik.
  • Ketika hari yang di tunggu-tunggu telah tiba maka anda harus mempersiapkan diri anda secara matang supaya bisa diterima.

Dalam proses seleksi biasanya tahap yang paling membuat para calon pekerja khawatir adalah proses interview, karena tidak sedikit pelamar yang gugur dalam tahap ini.

Tahap ini seringkali mengejutkan para pelamar, karena metode yang diterapkan oleh setiap perusahaan tentunya akan berbeda walaupun judulnya sama. Oleh sebab itu berikut ini kami berikan beberapa tips untuk menghadapi interview.

Simak juga ulasan terkait tentang Pertanyaan dan Jawaban Wawancara Kerja atau Interview Fresh Graduate Pada Perusahaan serta artikel menarik lainnya mengenai Persiapan, Persyaratan dan Berkas Kelengkapan Untuk Melamar Kerja di Perusahaan.

Tips agar lolos interview

1. Mempersiapkan diri dengan matang sebelumnya

Jauh-jauh hari sebelum tahap interview dilakukan tentunya anda harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin demi bisa meyakinkan para penguji untuk bisa menerima anda sebagai pekerja.

Ketahuilah apa kelebihan anda, apa keunggulan anda yang bisa anda berikan bagi perusahaan nanti kelak. Biasanya pada tahap ini anda diharuskan untuk mempersembahkan atau menjual kemampuan anda.

2. Jaga sopan santun dan tingkah laku

Sebenarnya apa pentingnya seseorang menjaga tingkah laku mereka? Tentu saja penting karena pertama kali seseorang melihat anda yang diperhatikan adalah perilaku atau tingkah laku anda.

Jika kesan pertama orang lain menilai anda sudah buruk maka orang lain akan beranggapan bahwa anda bukanlah orang yang baik, walaupun belum sepenuhnya mengenal anda.

Oleh sebab itu menjaga tata krama adalah penting bagi anda, bukan hanya kepada orang tua anda melainkan ke semua orang. Tidak jarang dalam tahap interview penyebab seorang pelamar lolos adalah tingkah laku dan sopan santunnya.

3. Sikap percaya diri dan berpikir positif

Mengapa kepercayaan diri itu sangat penting? Karena jika anda yakin pada diri anda maka tentunya juga akan mudah untuk meyakinkan para penguji untuk bisa menerima anda.

Selain itu berpikir positif juga perlu anda terapkan, karena hal ini secara tidak langsung akan mencerminkan bagaimana kepribadian anda dan seperti apa sebenarnya anda ini.

Pertanyaan-pertanyaan yang memang membutuhkan suatu keyakinan maka jawablah pertanyaan tersebut dengan tenang dan yakin.

4. Fokus dan atusias yang tinggi

Siapapun pasti akan sangat benci ketika mereka sedang berbicara namun diabaikan begitu saja, seperti dianggap anda tidak ada.

Oleh sebab itu hindarilah perilaku seperti ini dan saat ini mulailah melatih diri anda untuk senantiasa fokus pada orang-orang yang sedang memberikan ceramahan, karena hal ini akan membuktikan bahwa anda bisa menghargai orang lain dan tentunya anda juga akan dihargai oleh orang lain.

Biasakanlah diri anda untuk bersikap positif kepada orang lain, apalagi ketika anda sedang melakukan wawancara.

Di sana pihak pengujilah yang memiliki kewenangan penuh untuk menerima anda atau tidak. Jangan sampai ketika wawancara dimulai anda malah terlihat kurang fokus, sering bengong dan antusias yang berlebihan.

5. Memahami dengan baik tempat melamar kerja

Sebelum benar-benar mengirimkan surat lamaran kerja ke tempat yang anda mau sebaiknya ketahauilah dan kumpulkanlah informasi sebanyak-banyaknya terkait perusahaan tersebut.

Jangan sampai anda kecewa ketika anda sudah bekerja di sana. Kekecewaan tidak akan ada gunanya jika memang anda minim informasi sebelumnya. Terkadang sikap kepo kita memang sangat dibutuhkan di saat-saat tertentu.

6. Tunjukkan kemampuan berfikir logis walaupun di bawah tekanan

Perusahaan tidak akan membutuhkan para pekerja yang tidak mempunyai jiwa semangat sama sekali, mereka butuh orang-orang yang mampu bekerja di bawah tekanan karena semua juga tahu bahwa dunia kerja itu penuh dengan tekanan.

Mereka tidak mau rugi mempekerjakan orang-orang tersebut. Oleh sebab itu biasanya dalam tahap wawancara ini anda akan dites kekuatan mental anda.

Jangan sekali-kali mengucapkan kata “anu”, “eeee” ataupun mengulang-ulang kalimat seperti “apa itu”, dan lain sebagainya.

Usahakan ketika ditanya anda selalu memberikan feedback yang baik supaya para penguji merasa puas dengan anda.

Jangan sampai pertanyaan yang mereka ajukan tidak bisa anda jawab. Dari jeda waktu antara pertanyaan satu dengan kedua berusahalah untuk meningkatkan mental anda supaya tidak terlihat gugup. Agar anda bisa menjawab setiap pertanyaan yang diajukan dengan lancar.

7. Tunjukkan sikap natural

Ketika menjawab pertanyaan dari penguji usahakan untuk menjawabnya dengan baik dan lancar. Terlihat cerdas di mata orang lain memang bagus namun jika berlebihan maka orang mengira bahwa anda adalah orang yang sombong.

Berikanlah kesan yang senatural mungkin pada mereka. Tanpa anda perlihatkan dengan jelas pun sebenarnya seseorang sudah mampu menilai bagaimana diri anda yang sebenarnya.

8. Menggunakan bahasa yang baik

Ketika wawancara gunakanlah bahasa yang baik dan benar. Terlebih lagi jika anda menggunakan bahasa yang baku, karena dengan begini maka seseorang bisa menilai tingkat intelektualitas anda.

Jangan berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, dan pastinya akan memberikan dampak yang buruk pula bagi anda. Sehingga kehati-hatian juga perlu untuk anda terapkan ketika bertutur kata.

9. Jangan pernah melupakan berdoa

Setelah semua hal di atas anda lakukan maka hal terakhir yang juga tidak kalah pentingnya untuk anda terapkan adalah berdoa.

Serahkanlah semua hasilnya kepada Yang Maha Kuasa, karena jika anda sudah melakukannya dengan baik, anda tidak akan tahu bagaimana hasilnya nanti.

Yang perlu anda lakukan adalah hanya yakin pada diri anda sendiri, dan lagi yang terpenting adalah tidur dan makan yang teratur ketika akan melakukan wawancara. Jangan sampai anda sakit pada hari H.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.