Rekening tabungan tanpa biaya administrasi

Memilih Jenis Rekening Tabungan Bank Bebas Biaya Administrasi Bulanan

By: Egy arisandi

Rekening bank yang pelaksanaannya tidak dipungut biaya administrasi tiap bulannya tentu merupakan idaman bagi banyak orang dikarenakan amat menguntungkan nasabah itu sendiri, terutama bagi mereka yang membuka tabungan dengan jumlah saldo yang relatif sedikit. Dengan demikian maka nasabah tidak perlu takut saldonya semakin menipis walapun ia tidak setor secara rutin.

Jaman sekarang sudah banyak sekali jenis tabungan bank yang menawarkan banyak fitur dan juga keunggulan yang ditawarkan masing-masing bank baik bank tersebut yang notabene nya merupakan bank umum hingga bank tersebut adalah bank berbasis syariah.

Apabila anda punya sebuah tujuan keuangan yang mana orientasinya merupakan orientasi janka panjang, maka sebaiknya anda lebih berhati-hati dalam memilih tabungan bank anda. Salah satu faktor yang perlu anda pertimbangkan adalah tentang besarnya biaya administrasi yang  diterapkan setiap bulannya oleh pihak bank.

Tabungan bank dengan biaya administrasi bulanan yang gratis

Pada pihak pemerintah sendiri telah membuat kebijakan sebuah program simpanan yang disebut dengan “Tabunganku”. Produk bank ini diselenggarakan hampir pada seluruh bank yang tersebar di Indonesia seperti bank konvensional. Bank Perkreditan Rakyat atau disingkat BPR, ataupun Bank berbasis syariah.

Selain rekening produk tabunganku ini, pada bank yang terdapat didalam negeri ini juga masih banyak lagi produk simpanan lainnya yang telah membebaskan biaya administrasi bulanan. Produk-produknya antara lain adalah sebagai berikut ini:

1. Rekening Tabunganku

Tabunganku merupakan salah satu produk hasil kebijakan pemerintah yang diterapkan di bank yang ada di Indonesia dan juga telah mengikuti aturan yang telah ditetapkan dengan standard yang ada pada bank Indonesia.

Aturan-aturannya antara lain:

  • Minimal jumlah uang setoran awal
  • Minimal setoran tunai
  • Saldo minimum yang mengendap di rekening
  • dll

Diantara banyaknya program tabungan yang sudah ada di  Indonesia, dapat dibilang bahwa produk Tabunganku ini adalah satu-satunya jenis tabungan atau rekening simpanan yang punya syarat yang gampang yaitu jumlah setoran awal yang minim dan juga dibebaskan biaya administrasi yang dibebankan setiap bulannya.

Agar semakin jelas, berikut adalah fitur yang terdapat pada rekening Tabunganku:

  • Dibebaskannya biaya administasi bulanan, penggantian buku, dan juga biaya penarikan
  • Setoran awal untuk membuka rekening adalah sebesar duapuluh ribu rupiah bagi bank umum dan sebesar sepuluh ribu bagi bank BPR atau syariah.
  • Setoran tunai minimal adalah sebesar sepuluh ribu rupiah
  • Saldo minimum nya adalah dua puluh ribu bagi bank umum dan sepuluh ribu bagi BPR/ syariah
  • Sedangkan untuk biaya pinalti saldo dorman adalah sebesar dua ribu rupiah perbulannya bagi bank umum dan dua ribu rupiah bagi BPR atau Bank Syariah
  • Biaya untuk penutupan rekening atas kehendak sendiri dikenai biaya dua puluh ribu rupiah bagi bank umum dan sebesar lima ribu rupiah bagi bank BPR atau syariah
  • Dan untuk minimal penarikan tunai pada konter adalah sebesar seratus ribu rupiah bagi bank umum dan sebesar limapuluh ribu rupiah bagi BPR atau syariah

Tetapi meskipun demikian, setiap bank bisa membuat aturan tambahan terkait produk Tabunganku tersebut. Juga, dibalik kelebihan yang telah disebutkan diatas, tentunya juga terdapat kekurangan yang harus diketahui serta dipahami oleh setiap nasabah, Kekurangannya antara lain adalah:

  • Tidak terdapat fasilitas ATM
  • Tidak terdapat fasilitas e-banking

Dengan demikian sudah jelas bahwa setiap transaksi harus dilakukan pada bank rekening tabunganku tersebut dibuka.

2. CIMB Niaga AirAsia Savers

Produk ini adalah salah satu produk keluaran Bank CIMB Niaga yang mana memberikan layanan menabung tanpa dikenakan biaya administrasi bulanan.

Sedangkan untuk setoran yang harus dibayarkan saat melakukan pembukaan rekening juga tergolong ringan yakni sebesar 100.000,-

Untuk saldo minimal yang terdapat di dalam rekening juga tergolong kecil yakni sebesar 50.000,- . Tidak cukup hanya sampai disitu, ada fasilitas pula seperti Kartu ATM, SMS Banking, dan juga Internet Banking.

3. Tabungan Bank Mega Berbagi

Selanjutnya adalah produk dari Bank Mega yang menerapkan peraturan yang sedikit berbeda denga jenis tabungan yang telah disebutkan diatas. Khusus untuk Bank Mega ini, akan menggratiskan administrasi bulanan apabila jumlah saldo yang terdapat di dalam rekening lebih dari 1.000.000,-

Untuk setoran awal produk ini dikenai sebesar 100.000,- dan juga merupakan jumlah minimal saldo yang terdapat didalam rekening, Pada segi fitur, dapat dikatakan bahwa produk ini menyediakan fasilitas komplit seperti internet banking dan juga mobile banking.

4. BII Tabungan Gold Maybank

Untuk dapat memiliki rekening pada BII Tabungan Gold Maybank, maka calon nasabah diwajibkan memiliki setoran awal sebesar 10.000.000. Selain bebas biaya administrasi yang diterapkan setiap bulannya, tabungan tersebut juga mencakup banyak fitur yang disediakan. Fitur tersebut antara lain:

  • Bebas biaya kartu debit/ATM
  • Bebas biaya administrasi bulanan
  • Dibebaskan biaya transfer melalui teller bank
  • Serta bebas tarik tunai di banyak ATM
  • Produk tersebut dapat dalam bentuk konvensional ataupun syariah
  • Terdapat internet banking dan juga SMS banking

5. Danamon Syariah IB

Terdapat dua produk yang disediakan oleh bank danamon yaitu tabungan Danamon lebih dan juga Danamon Syariah IB. Untuk setoran awal yang dibebankan untuk Danamon lebih yaitu Rp. 250.000 dan untuk Danamon Syariah IB sebesar 100.000,-

Tidak hanya dibebaskan biaya bulanan administrasi, tetapi juga tersedia fitur lainnya seperti fasilitas kartu ATM. Meskipun begitu, untuk fitur internet banking dan SMS Banking tidak berlaku.

6. Tabungan IB X-Tra CIMB Niaga Syariah

Selanjutnya adalah Tabungan IB X-Tra CIMB Niaga Syariah yang merupakan produk bebrbasis syariah seperti poin sebelumnya.

Produk ini sama sama bebas biaya administrasi bulanan. Untuk setoran awalnya adalah sebesar 200.000,- dan untuk setoran selanjutnya minimal sebesar 20.000,-. Untuk saldo mengendap rekening yakni sebesar 50.000,-. Prodik tabungan satu ini sangat cocok untuk masyarakat luas khususnya pelajar.

7. PermataTabungan IB Optima

Memang setoran awal jenis produk tabungan yang satu ini cukup besar yakni 5.000.000 . Tetapi meskipun demikian, terdapat fasilitas yang diberikan cukup lengkap seperti mobile bankinh, ATM dan juga internet banking. Tabungan jenis ini lebih pas apabila digunakan oleh masyarakat yang kondisi keuangannya relatif mapan.

Simak juga ulasan terkait mengenai cara merencanakan tabungan pendidikan untuk anak serta artikel menarik lainnya tentang pengertian rekening giro dan gunanya untuk bisnis.

8. Tabungan BNI Syariah IB Hasanah

Salah satu produk berbasis syariah lagi memberi penawaran dengan menggunakan sistem akad atau perjanjian wadiah dan juga mudharabah. Fitur yang akan didapatkan oleh nasabah produk jenis ini antara lain:

  • BNI Syariah Silver card dengan jaringan ATM yang cukup luas
  • e-Banking dan juga mobile banking

Untuk tabungan BNI Syariah IB Hasanah yang menerapkan sistem Mudharabah, maka ada biaya bulanannya untuk pengelolaan rekening. Sedangkan untuk sistem Wadiah akan dibebaskan biaya administasi bulanan dan juga digratiskan biaya pembuatan ATM dan juga bebas saldo minimum.

Untuk setoran awalnya sendiri adalah sebesar 100.000,-. Sedangkan apabila anda ingin menutup rekening anda maka akan dikenakan biaya administrasi sebesar 20.000,-

9. Tabungan BTN e’Batarapos

Bank Tabungan Negara memang selama ini identik dengan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah. Meskipun begitu sebenarnya Bank BTN menyediakan produk tabungan yang bernama Tabungan BTN e’Batarapos.

Produk ini tidak hanya bebas biaya administrasi, tetapi juga setoran awal yang kecil yakni hanya 50.000 saja. Fasilitas lainnya yang akan diperoleh oleh nasabah antara lain adalah kartu ATM guna memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi.

10. Tabungan Faedah BRI Syariah IB

Bank yang merupakan Bank yang amat populer bahkan hingga kepelosok negri ini menyediakan produk berbasis syariah yang juga menerapkan pembebasan hiaya administasi setiap bulannya.

Untuk setoran awalnya sendiri tergolong sedikit yakni hanya 100.000,00 saja serta saldo mengendap minimum yakni 50.000 dengan fasilitas biaya ganti buku, Kartu ATM, SMS Banking, dan juga Internet Banking.

Dan juga saat ini telah tersedia produk tabungan Bank Sinarmas yang mana dapat membuka tabungan dengan cara online. Ini artinya anda tidak perlu susah payah untuk datang ke kantor banknya anda telah dapat membuka rekening.

Bank Sinarmas Digital Banking telah direkomendasikan sebagai wadah untuk nasabah merasakan kemudahan proses serta kemajuan teknologi khususnya bidang keuangan.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.