Cara bergabung menjalin kerjasama dengan indomaret

Cara Menjalin Kerjasama Atau Bergabung Dengan Waralaba Indomaret

By: Egy arisandi

Apakah anda berminat untuk bergabung dan menjalin kerjasama dengan waralaba Indomaret? Tidak dipungkiri bahwa toko swalayan ini merupakan sebuah tempat yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, karena tempat ini sudah tersebar di seluruh Indonesia bahkan dalam satu daerah saja ada lebih dari satu Indomaret.

Tempat ini memang relative mudah ditemukan dan sangat ramah bagi siapa saja. Apalagi semua jenis produk makanan sampai kosmetik tersedia di sana.

Sehingga sangat cocok bagi siapa saja yang ingin berbelanja kebutuhan rumah tangga tanpa perlu pergi jauh jauh. Dalam bertransaksi pun Indomaret telah menyediakan telah memberikan kemudahan dan juga kenyaman bagi pelanggannya.

Indomaret sendiri merupakan salah satu bentuk usaha waralaba atau franchise yang sangat diminati oleh para pengusaha.

Usaha waralaba saat ini merupakan jenis bisnis yang sangat menjanjikan banyak keuntungan, tidak heran jika para pebisnis mulai tertarik dengan usaha yang satu ini. Usaha ini memang banyak diminati karena memiliki sedikit resiko kegagalan karena mengingat system manajemennya yang cukup kuat.

Sehingga dalam praktek di lapangan umumnya mereka tidak terlalu menemui banyak masalah. Bahkan saat ini Indomaret telah memiliki pesaing dari usaha yang sejenis yang bernama Alfamaret.

Meskipun demikian Indomaret sampai saat ini tetap eksis dan tidak terganggu oleh para pesaing tersebut. Jika anda berminat untuk memulai bisnis waralaba ini anda harus menyiapkan beberapa hal sebagai berikut:

Langkah langkah yang perlu dipersiapkan jika ingin bergabung dengan Indomaret

1. Keperluan Dokumen

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk memulai bisnis ini adalah siapkan dokumen dokumen yang dipersyaratkan.

Syarat utama yang harus anda penuhi terlebih dahulu guna memulainya adalah anda haruslah tercatat sebagai Warga Negara Indonesia asli.

Lalu bagaimana yang blesteran? Mungkin ada persyaratan lain yang harus dipenuhi terkhusus bagi masyarakat yang memiliki darah campuran. Adapun dokumen dokumen lain yang harus dipenuhi adalah:

  • Fotocopy beserta dengan KTP asli
  • Fotocopy beserta dengan KK asli
  • Fotocopy identitas diri yang lain beserta yang asli

Dokumen dokumen di atas tidak terlalu sulit untuk anda dapatkan mengingat anda pasti sudah memilikinya, jadi tak perlu khawatir.

2. Lokasi usaha yang strategis

Setelah syarat administrasi telah anda penuhi maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan lokasi usaha yang strategis dan cocok untuk usaha tersebut. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk menenukan lokasinya yaitu:

  • Akses kendaraan
  • Dekat dengan jalan raya
  • Akses konsumen seperti sarana umum dan lain sebagainya.

Penentuan lokasi merupakan salah satu hal yang krusial yang patut anda perhatikan sedari awal, karena dari tempat inilah yang akan menjadi penentu kesuksesan usaha anda.

Terkait aksesibilitas umumnya masyarakat lebih memilih tempat toko yang lokasinya mudah untuk dijangkau dan memiliki fasilitas yang memadai seperti lahan parkir dan sebagainya. Biasanya luas lahan yang dibutuhkan untuk membangun Indomaret yakni 120 hingga 200 m2.

3. Surat kelengkapan usaha

Jangan salah untuk mendapatkan izin mendirikan Indomaret anda perlu untuk mengurus beberapa persyaratan lain seperti:

  • Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  • Surat Izin Untuk Perusahaan (SIUP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Untuk mengurus dua persyaratan yang awal yakni IMB dan SIUP anda harus datang langsung ke Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan untuk mengurus NPWP anda hatus datang langsung Kantor Pajak.

Perlu anda tahu bahwa jenis dari NPWP ada dua yakni untuk perseorangan dan untuk bisnis atau usaha. Sehingga anda perlu untuk membuat NPWP yang memang diperuntukkan untuk usaha waralaba.

4. Modal awal

Jangan lupa setelah semua persyaratan yang telah disebutkan sebelumnya terpenuhi maka hal lain yang juga tidak kalah pentingnya untuk anda persiapkan adalah modal usaha.

Besar kecilnya modal yang harus anda persiapkan sebenarnya tergantung. Apakah usaha ini anda mulai dari awal hingga ataukah dengan mengambil alih usaha .

Untuk ikut serta dalam bisnis ini jumlah modal yang harus anda persiapkan sedari awal adalah 300 hingga 400 juta.

Namun bila usaha ini merupakan hasil dari pengambil alihan maka kisaran modal yang mesti anda persiapkan adalah 150 – 200 juta. Kisaran modal di atas sudah termasuk royalty yang harus anda bayarkan selama masa kontrak yang berlangsung kurang lebih 5 tahun.

5. Mendaftar melalui Call Center

Setelah semua persyaratan administrasi telah terpenuhi dan siap untuk didaftarkan maka anda harus segera menghubungi call center Indomaret di 1500 580 atau dengan mengakses situs resminya di www.indomaret.co.id untuk mendapatkan formulir pendaftarannya.

Ketika sudah mengisi formulir tersebut tidak semata mata permohonan anda langsung disetujui melainkan anda harus menunggu beberapa waktu guna memberikan kesempatan pihak Indomaret untuk melakukan survey tempat.

6. Tahap persentasi

Setelah proses verifikasi telah anda lalui maka langkah selanjutnya adalah tahap presentasi. Dimana dalam tahap ini pihak verifikatorlah yang akan melakukannya.

Proses ini dibagi menjadi 2 tahap. Tahap pertama anda akan dijelaskan mengenai keuntungan toko untuk setiap bulannya, mekanisme kerjasama, besarnya investasi modal dan system operasional toko.

Pada tahap pertama inilah anda diharapkan untuk membawa serta persyaratan administrasi yang telah diurus sebelumnya.

Berikutnya tahap kedua anda akan diberikan hasil kelayakan dari survey sebelumnya, perencanaan anggaran belanja, serta besarnya investasi modal.

Pada tahap ini juga anda akan menandatangani kontrak yang berisi pembagian tugas antara pihak waralaba dengan anda dalam hal kepengurusan izin, pembuakaan toko, perenovasian toko, seleksi dan pelatihan karyawan, pembelian perlengkapan toko, dan pembayaran termin.

7. Pembukaan toko (Grand opening)

Tahap terakhir yang mesti anda lakukan setelah disetujuinya semua kontrak yaitu pembukaan toko. Proses pembukaan dan strategi promosi tentunya ditetapkan oleh pihak manajemen Indomaret.

Masa kontrak selama 5 tahun ini akan dievaluasi oleh pihak Indomaret guna meneruskan kerjasama ini atau tidak.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.